Rabu, 1 Mei 2024

Pemkab Gresik Kembali Gelar Pasar Bandeng Kawak, Harga Ikan Bandeng Melejit

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ramai pengunjung di Pasar Bandeng Kawak 2024 di Jalan Samanhudi, Gresik, Senin (8/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net Ramai pengunjung di Pasar Bandeng Kawak 2024 di Jalan Samanhudi, Gresik, Senin (8/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelar Pasar Bandeng Kawak 2024 sejak Sabtu (6/4/2024) hingga Senin (8/4/2024) di sepanjang Jalan Gubernur Suryo, Jalan Samanhudi, Jalan H.O.S. Cokroaminoto hingga Jalan Raden Santri, Gresik.

Meski sempat diguyur hujan pada hari pertama dan kedua, namun tradisi yang sudah ada sejak zaman Sunan Giri ini seakan menjadi magnet bagi ribuan pengunjung dari berbagai penjuru di Kota Pudak ini.

Harga ikan bandeng yang dijual pada gelaran ini cukup melejit dibanding dengan hari-hari biasa.

Khusnul salah satu pedagang Banyutami, Manyar, Gresik membeberkan ikan bandeng yang dijual memiliki harga yang bervariasi.

“Ikan bandeng ukuran kecil dijual dengan harga Rp32 ribu per kilo isi lima ekor. Ikan bandeng ukuran sedang Rp45 ribu per kilo isi dua ekor. Kemudian ikan bandeng ukuran besar dijual dengan harga Rp150 ribu perkilo satu ekor,” bebernya saat ditemui suarasurabaya.net.

Ikan bandeng yang dijual pada gelaran Pasar Bandeng Kawak 2024 di Jalan Samanhudi, Gresik, Senin (8/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net
Ikan bandeng yang dijual pada gelaran Pasar Bandeng Kawak 2024 di Jalan Samanhudi, Gresik, Senin (8/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Lebih lanjut, Sumilah salah satu pedagang asal Sembayat menjelaskan, harga ikan bandeng yang dijual memang berbeda setiap kilogramnya. Semakin berat kilogramnya maka harganya semakin mahal. Ia mengatakan jika harga ikan bandeng satu ekor yang dijual Rp100 ribu per kilogramnya.

“Ikan bandeng paling besar yang saya jual, beratnya empat kilogram satu ekor, harganya Rp400 ribu. Kalau satu ekor yang beratnya tiga kilogram, harganya Rp300 ribu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Mahdi pedagang ikan bandeng asal Kroman, Gresik mengeluhkan jika permintaan pembeli tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu.

“Lebih ramai tahun kemarin. Mungkin karena faktor cuaca juga yang memengaruhi. Sebab sejak hari pertama gelaran Pasar Bandeng ini sudah diguyur hujan,” ungkap Mahdi.

Ia menjelaskan bahwa rasa ikan bandeng kecil maupun besar sejatinya sama. Berbeda dengan durinya, ikan bandeng kecil memiliki duri yang lebih banyak dengan ukuran kecil-kecil. Sedangkan ikan bandeng besar memiliki duri yang lebih sedikit dan ukuran durinya juga besar-besar.

“Rasa gurihnya sama, karena bandengnya dari tambak air asin. Kalau bandeng air tawar rasanya anyep,” tuturnya.

Tidak hanya ikan bandeng yang dijual, berbagai produk UMKM seperti busana muslim, hijab, makanan dan minuman juga ikut meramaikan  Pasar Bandeng Kawak 2024.

Untuk diketahui, puncak acara Pasar Bandeng Kawak 2024 akan diadakan Kontes Bandeng Kawak 2024 di Bandar Grisse, Jalan Basuki Rahmat, Gresik. Dalam acara itu terdapat berbagai makanan gratis yang disediakan untuk masyarakat Gresik. (ike/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs