Jumat, 3 Mei 2024

Pemkab Lumajang Vaksinasi LSD untuk Hewan Ternak usai Temukan Kasus

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas memberikan vaksin LSD kepada hewan ternak sapi di Lumajang. Foto: Antara Petugas memberikan vaksin LSD kepada hewan ternak sapi di Lumajang. Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memberikan vaksin lumpy skin disease (LSD) untuk melindungi hewan ternak dari penyakit LSD atau yang dikenal sebagai cacar sapi yang telah ditemukan di wilayah setempat.

Petugas dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang sebelumnya melaporkan adanya kasus LSD tersebut, meskipun jumlah kasusnya belum dapat dipastikan secara pasti.

“Saya mengimbau kepada para peternak untuk segera menghubungi petugas di puskeswan terdekat jika membutuhkan bantuan,” kata drh. Endra Novianto Kepala Bidang Puskeswan DKPP Lumajang, Kamis (22/2/2024) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, penyakit LSD harus mendapat perhatian meskipun tidak mematikan, tetapi dapat menyebabkan penurunan berat badan pada hewan ternak, sehingga dapat merugikan peternak.

“Virus itu dapat disembuhkan dan memiliki tingkat kematian yang rendah apabila ditangani dengan cepat. Hari ini, kami telah menerima pasokan vaksin dari Pemerintah Provinsi Jatim,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang membutuhkan vaksin dapat menghubungi petugas peternakan karena ketersediaan vaksin secara gratis itu terbatas.

Endra mengatakan, wabah LSD bukanlah penyakit baru di kalangan peternak, namun baru saja masuk ke wilayah Kabupaten Lumajang, sehingga para petugas puskeswan di setiap wilayah telah melakukan pendataan terhadap hewan ternak yang diduga terjangkit LSD.

“Kami ingin menekankan bahwa daging sapi dan kerbau tetap aman untuk dikonsumsi karena penyakit itu tidak menular kepada manusia, selama dimasak dengan benar,” katanya.

Dengan adanya langkah-langkah tersebut diharapkan penyebaran penyakit LSD dapat ditekan dan kesehatan hewan ternak di Kabupaten Lumajang dapat terjaga dengan baik.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah pencegahan yang diperlukan untuk melindungi ternak mereka dari penyakit LSD,” ujarnya. (ant/azw/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs