Sabtu, 4 Mei 2024

Pemprov Jatim Kembali Mengadakan Mudik Bareng Gratis Idulfitri dari Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi mudik bareng. Foto: Bram suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tahun ini kembali mengadakan Program Mudik Bareng Gratis untuk warga Jawa Timur yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Zainal Fanani Kepala Badan Penghubung Pemprov Jatim di Jakarta mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pehubungan menyediakan 23 unit bus untuk mudik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

“Jumlahnya tidak jauh berbeda dengan yang disediakan tahun lalu, dengan tujuan antara lain Tuban, Lamongan, Jombang, Mojokerto,  Surabaya, dan daerah sekitarnya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Zainal, peserta Mudik Bareng Gratis akan diberangkatkan hari Jumat tanggal 5 April 2024, dari Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Rencananya, pemberangkatan secara simbolis dilepas Adhy Karyono Penjabat Gubernur Provinsi Jawa Timur.

Zainal menjelaskan, setiap pemudik yang sudah terdaftar dan menerima tiket harus melakukan pendaftaran ulang ke panitia, di lokasi pemberangkatan.

Dia menyarankan para pemudin untuk menjaga kesehatan, tidak membawa barang berlebihan, dan menjaga ketertiban selama di perjalanan.

Sekadar informasi, tahun lalu sebanyak 1.080 warga Jawa Timur yang tinggal di Jakarta ikut Program Mudik Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tahun ini, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri dan Kementerian Perhubungan, akan ada ada lima provinsi tujuan pemudik yang paling banyak.

Pertama, Jawa Tengah akan didatangi sekitar 61 juta orang pemudik. Lalu, Jawa Timur di urutan kedua terbanyak dengan perkiraan 37 juta orang.

Kemudian, Jawa Barat diprediksi didatangi 32 juta pemudik, Daerah Istimewa Yogyakarta 11 juta orang, dan DKI Jakarta 6,4 juta orang pemudik.(rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs