Selasa, 30 April 2024

Pengganti KH Marzuki di PWNU Jatim Diputuskan Dua Pekan Lagi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
KH Marzuki Mustamar mantan Ketua PWNU Jawa Timur ketika berada di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Minggu (5/2/2023) sore. Foto: Risky suarasurabaya.net

Proses penunjukkan figur pengganti KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim) rencananya diputuskan dalam waktu dua pekan ke depan.

Kabar itu diutarakan KH Ahmad Fahrur Rozi yang akrab disap Gus Fahrur Ketua PBNU Bidang Keagamaan.

“Akan diputuskan dalam gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU, maksimal dua minggu lagi,” kata Gus Fahrur ketika dikonfirmasi pada Rabu (3/1/2024).

Sebelumnya tersiar kabar bila penggantian KH Marzuki Mustamar akan dibahas Rabu hari ini. Kabar itu disampaikan oleh Habib Umarsyah Ketua PCNU Surabaya.

“Tanfidhiyah saja (yang hadir) kayaknya. Saya hadir, insyaallah,” katanya hari ini.

Ia menyebut pembahasan mengenai calon Ketua PWNU Jatim itu rencananya dilakukan setelah rapat bulanan yang diikuti para tanfidhiyah.

“Iya kemungkinan. Rapat biasa aja, rapat bulanan,” imbuhnya.

Sebagai informasi terdapat dua mekanisme dalam penunjukkan Ketua PWNU Jatim. Pertama, memilih Wakil Ketua PWNU Jatim sebagai ketua. Kedua, menugaskan salah satu pimpinan dari PBNU, seperti halnya di PCNU Surabaya.

Sekarang ini, jabatan Wakil Ketua PWNU Jatim diduduki oleh sembilan figur. Di antaranya, KH Abdurrahman Navis, Prof Dr H Sonhaji Sholeh, KH A Jazuli Nur, M Fathurrozi, H Ma’ruf Syah, H Misbahul Munir, H Edy Suyanto, H Ahsanul Haq, H M Qoderi.

Sebelumnya, Saifullah Yusuf Sekjen PBNU mengatakan, kewenangan merekomendasikan calon pengganti Ketua PWNU Jatim adalah Rais Syuriah.

“Untuk penggantinya sementara itu bisa melalui pleno dan itu dipimpin oleh Rais syuriah. Jika itu tidak dilaksanakan, maka akan diambil keputusan oleh PBNU bisa ditunjuk tergantung situasi dan kondisinya,” ujar Gus Ipul, sapaannya ketika ditemui di acara Jatim Bersholawat di Jatim Expo Surabaya pada Kamis (29/12/2023). (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs