Sabtu, 4 Mei 2024

Peran Penting Ayah dalam Pengasuhan Anak, Tak Sekadar Pencari Nafkah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi seorang ayah bersama dengan anaknya. Foto: iStock

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengatakan, pada dasarnya ayah tidak hanya berperan sebagai pencari nafkah, tetapi juga memiliki peran penting dalam pengasuhan anak.

“Peran penting sosok ayah diharapkan dapat memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya dalam hal memantau tumbuh kembang mereka,” kata Rohika Kurniadi Sari Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan KemenPPPA dilansir Antara, Kamis (25/4/2024).

Terkait dengan hal ini, maka Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan harus segera disahkan.

“Karena pada usia 0-2 tahun anak merupakan golden age di mana peran pengasuhan orang tua menjadi sangat penting sebagai indikator tumbuh kembang anak dapat terjamin ke depannya. Bicara soal tanggung jawab pengasuhan merupakan kewajiban bagi orang tua, baik ibu maupun ayah,” katanya.

Menurut Rohika, pola pengasuhan oleh orang tua dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik kepada anak.

Sementara itu, RUU KIA telah disetujui pada pembahasan tingkat pertama oleh delapan fraksi di Komisi VIII DPR RI pada 25 Maret 2024.

Selanjutnya, RUU akan dibawa ke pembahasan tingkat kedua dalam Rapat Paripurna DPR RI. Sedangkan dalam RUU KIA pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan juga memuat peran ayah dan keluarga. (ant/sya)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version