Sabtu, 11 Mei 2024

Peringati Hari Bumi 2024, PLN Bersama DLH Surabaya Tanam Pohon di TPA Benowo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menanam pohon di area green belt Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Minggu (28/4/2024). Foto: PLN

Peringati Hari Bumi tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya gelar tanam pohon di area green belt Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Minggu (28/4/2024). Sebanyak 400 tanaman bambu ditanam di wilayah pembuangan sampah terbesar di Surabaya. Tanaman ini berperan menangani limbah beracun, penyerap karbon terbaik, menyerap bau hingga penahan erosi guna mencegah bahaya kebanjiran.

Agus Kuswardoyo General Manager PLN UID Jawa Timur memaparkan aksi tanam pohon ini merupakan program PLN dalam mendukung pemerintah mengatasi isu perubahan iklim sekaligus sebagai penerapan kegiatan environmental, social and government (ESG) korporasi.

“Upaya penghijauan yang dilakukan PLN kali ini mendukung program pemerintah untuk area sekitar TPA Benowo, sebelumnya juga sudah dilakukan penanaman 200 tanaman di wilayah yang sama. Tak hanya itu, PLN juga telah melakukan penanaman 20 ribu pohon mangrove di kawasan Hutan Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Teluk Pangpang Banyuwangi, Lamongan dan lainnya,” imbuh Agus dalam keterangan tertulis.

Ia berharap melalui upaya penghijauan ini, PLN dapat berkontribusi menjaga keseimbangan ekosistem, menurunkan suhu, mengurangi polusi udara serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Timur. Kedepannya aksi penghijauan ini akan terus digalakkan PLN secara konsisten.

Menyambut baik keterlibatan PLN, Kepala DLH Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan komitmen PLN membersamai pemerintah menangani isu lingkungan di Surabaya.

“Serangkaian upaya telah kami gaungkan untuk mengatasi maupun antisipasi perubahan iklim dan cuaca ekstrim. Terima kasih kepada PLN yang dalam hal ini mensupport tanaman dan lainnya. Semoga kegiatan penanaman di wilayah Benowo ini mampu mengatasi permasalahan lingkungan dan membuat Kota Surabaya lebih sejuk dan nyaman,” pungkas Dedik.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version