Jumat, 3 Mei 2024

Pertamina dan Eni Italia Berkolaborasi Perkuat Ketahanan Energi Nasional

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pertamina dan ENI SPA Acara penandatanganan MoU terkait kerja sama pengelolaan hulu migas antara PT Pertamina (Persero) dan Eni SpA di Amsterdam, Belanda, Jumat (19/4/2024). Foto: HO-PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) dan perusahaan migas asal Italia Eni SpA menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menjajaki potensi proyek eksplorasi dan produksi migas di beberapa blok internasional guna mendukung ketahanan energi nasional.

“MOU ini akan memperkuat sinergi yang telah terjalin sebelumnya antara Pertamina dan Eni, baik di operasional wilayah Indonesia maupun potensi kerja sama ke blok mancanegara seperti Afrika dan Timur Tengah,” kata Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina dilansir Antara, Sabtu (20/4/2024).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Salyadi Dariah Saputra Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina dan Luca Vignati Direktur Upstream Eni SpA di Amsterdam, Belanda, Jumat (19/4/2024).

Selain itu, turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, yaitu Kartika Wirjoatmodjo Wakil Menteri BUMN, Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina, dan Jaffee Arizon Suardin Direktur Utama Pertamina Internasional EP.

Kemudian Bagus Agung Rahadiansyah SVP Corporate Finance Pertamina, Brahmantya Satyamurti Poerwadi Corporate Secretary Pertamina, Eni Aldo Napolitano Exploration Director, dan Maria Grati Head of Agri Feedstock Eni Natural Resources Eni Federico.

Menurut Nicke, Eni merupakan salah satu perusahaan migas yang sukses melakukan eksplorasi. Eni juga melihat Indonesia sebagai salah satu fokus bisnis mancanegaranya.

“Pertemuan bisnis ini akan memperkuat kemitraan Pertamina dan Eni, terutama di negara-negara dimana baik Pertamina maupun Eni telah menjejakkan kakinya dalam pengelolaan blok migas,” ujar Nicke.

Sementara itu, Salyadi menuturkan penguatan kerja sama itu juga akan memberikan peluang bagi Pertamina untuk berperan dalam pengelolaan migas di level internasional.

“Kemitraan dengan Eni diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Pertamina dalam meningkatkan reserve dan produksi migas baik di dalam maupun luar negeri sehingga dapat memperkuat ketahanan energi nasional,” kata Salyadi.

Adapun Fadjar Djoko Santoso Vice President Corporate Communication Pertamina, menambahkan bahwa Pertamina berkeinginan memperkuat operasionalnya di mancanegara sebagai upaya meningkatkan produksi migas yang nantinya akan memperkuat Pertamina sebagai perusahaan energi yang go global, sekaligus dapat memanfaatkan produksi tersebut untuk kebutuhan dalam negeri.

“Ekspansi Pertamina go global dilakukan untuk memperkuat peran kami di mancanegara. Sinergi Pertamina dengan Eni dan perusahaan energi lainnya diharapkan juga dapat mendukung komitmen Pertamina untuk menjadi perusahaan energi yang berkelanjutan,” ucap Fadjar. (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version