Selasa, 30 April 2024

PHDI Surabaya: Hari Raya Nyepi Tahun Ini Sangat Istimewa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Dengan tinggi rata-rata di atas dua meter, berbagai bentuk ogoh-ogoh diusung anak-anak muda Hindu. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Made Sueca staf Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Surabaya menyebut Hari Raya Nyepi Tahun Caka  1946 /2024 Masehi sangat istimewa.

“Momen Nyepi tahun ini sangat istimewa karena berdekatan dengan Galungan dan Hari Raya Kuningan hari ini,”ucap Made saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu (9/2/2024).

Selain Kuningan, lanjut Made, Nyepi kali ini juga berdekatan dengan bulan suci Ramadan 1445 H.

Ia juga menyampaikan, persiapan Nyepi di Surabaya akan diadakan pawai seni Ogoh-Ogoh yang akan dilakukan di Balai Kota Surabaya.

“Ini pertama kali kita mengarak ogoh-ogoh dari Balai Kota, sebelumnya dulu sebelum pandemi biasanya diadakan di Tugu Pahlawan,” jelasnya.

Untuk ogoh-ogoh, lanjutnya, total ada lima ogoh-ogoh, dua dari Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, sisanya dari umat Hindu yang ada di Kota Surabaya.

Made juga berterima kasih kepada Wali Kota Surabaya karena mendukung salah satu perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini.

“Semoga Surabaya semakin menonjolkan jadi kota yang memiliki rasa toleransi yang tinggi,” katanya.

Pawai ogoh-ogoh akan dilaksanakan Minggu (10/3/2024) mulai pukul 14.00 WIB. Pawai akan melalui Jalan Wali Kota Mustajab – Jalan Sedap Malam – Jalan Jimerto – Jalan Jaksa Agung Suprapto – dan finish di Jalan Walikota Mustajab (Balai Kota).

“Ogoh-ogoh nanti akan dipajang di sebelah barat balai kota lalu akan kita arak jalan kaki memutar sesuai rute yang sudah ada,” paparnya.

Tema Nyepi tahun Caka 46 2024 “Sakit Ananda Menuju Indonesia jaya”. Dengan tema ini diharapkan setelah momen Pemilu, Indonesia semakin jaya.(man/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs