Minggu, 28 April 2024

PLN Pastikan Seluruh Peralatan Berfungsi Optimal Beberapa Hari Jelang Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi petugas PLN sedang melakukan perbaikan di salah satu tower listrik. Foto: PLN

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) memastikan seluruh peralatan berfungsi optimal jelang penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024 dalam hitungan hari ke depan.

Amiruddin General Manager PLN UIT JBM mengataka, pihaknya telah melakukan inspeksi rutin untuk melihat kondisi material pada tower.

“UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Malang berhasil menyelesaikan penggantian sejumlah 150 keping isolator kaca dengan isolator polimer selama kurang dari dua pekan sejak akhir Januari lalu, pada 21 Tower di sepanjang jalur SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 70 kV Kertosono-Ploso untuk menjaga ketahanan isolator,” jelas Amiruddin dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (7/2/2024).

Amiruddin melanjutkan, penggantian dengan isolator polimer ini dilakukan sebagai upaya menjaga peralatan berfungsi optimal.

“Penggantian isolator kaca digantikan dengan isolator polimer ini dilakukan sebagai upaya memastikan ketahanan isolator yang dapat diketahui kondisinya melalui inspeksi rutin guna mengecek kondisi material pada tower apabila terjadi retak pada isolator akan dilakukan penggantian,” jelasnya.

Isolator kaca yang sebelumnya digunakan mudah terkena polutan, lanjutnya, jika menumpuk akan membuat ketahanan menurun, termasuk jika terkena sambaran petir.

“Tentu hal ini menjadi perhatian PLN untuk mengantisipasi memasuki musim dengan curah hujan tinggi dan petirnya saat ini,” ungkapnya.

Dia juga menyebut tingginya curah hujan dan intensitas petir menjadi perhatian untuk melakukan perlindungan pada peralatan. Resetting atau pengaturan alat pelindung petir sesuai standar dilakukan untuk memastikan kondisi proteksi pada tower.

Cek berkala juga dilakukan PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan) UPT Malang sejak dua hari kemarin, 5-6 Februari 2024 pada SUTT 150KV penghantar Balongbendo – Sekarputih. “Hal ini dilakukan menghindari terjadinya kerusakan apabila terkena sambaran petir jika proteksi tidak sesuai standar,” tambahnya.

Pekerjaan berhasil diselesaikan dengan tidak mengganggu suplai listrik ke pelanggan dengan tetap mengutamakan K3. Komitmen dalam menyediakan keandalan sistem transmisi tentunya dilakukan PLN UIT JBM untuk kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan PLN. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs