Kamis, 2 Mei 2024

PM Spanyol Lakukan Tur Eropa, Galang Dukungan untuk Akui Negara Palestina

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Anak-anak duduk di belakang truk saat warga Palestina berangkat dari bagian utara Gaza untuk meninggalkan Jalur Gaza bagian tengah dan selatan pada 10 November 2023. Foto: Anadolu Anak-anak duduk di belakang truk saat warga Palestina berangkat dari bagian utara Gaza untuk meninggalkan Jalur Gaza bagian tengah dan selatan pada 10 November 2023. Foto: Anadolu

Pedro Sanchez Perdana Menteri Spanyol akan melaksanakan kunjungan ke sejumlah negara Eropa untuk menggalang dukungan terhadap pengakuan Palestina sebagai negara yang merdeka.

Pemerintah Spanyol sebelumnya berjanji akan mengakui negara Palestina sebelum Juli 2024. Mereka berharap lebih banyak negara turut melakukan hal yang sama.

Pilar Alegria juru bicara pemerintah Spanyol mengatakan, Sanchez akan memulai rangkaian kunjungan, rapat, dan pertemuannya dengan pemimpin Eropa dan organisasi internasional untuk mendorong mereka mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

“Kami ingin menghentikan bencana kemanusiaan di Gaza serta berkontribusi memulai proses perdamaian politik yang bermuara terhadap terwujudnya solusi dua negara sesegera mungkin,” ungkap Alegria dilansir Antara, Rabu (10/4/2024).

Kunjungan Sanchez akan dimulai pada Jumat (12/4/2024) dengan agenda pertemuan bersama Jonas Gahr Store Perdana Menteri Norwegia.

“Negara tersebut memiliki sejarah panjang dalam memediasi dan menangani konflik di kawasan yang berhasil mewujudkan pencapaian penting seperti Perjanjian Oslo setelah Konferensi Madrid 1991,” kata sang juru bicara.

Pedro Sanchez Perdana Menteri Spanyol. Foto: Anadolu

Perjanjian Oslo merujuk kepada kesepakatan antara otoritas Israel dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pimpinan Yasser Arafat dalam upaya penyelesaian konflik Israel-Palestina yang ditandatangani tahun 1993.

Setelah itu, Sanchez akan berkunjung ke Irlandia untuk menemui Simon Harris yang baru dilantik menjadi perdana menteri.

Perdana Menteri Spanyol, Irlandia, Malta, dan Slovenia, pada Maret 2023 lalu menandatangani komitmen bersama untuk mengakui negara Palestina. Mereka menyebut hal tersebut merupakan satu-satunya cara mewujudkan kedamaian dan keamanan di kawasan itu.

Sanchez akan bertemu Perdana Menteri Portugal yang baru, Luis Montenegro, pada Senin (15/4/2024) pekan depan di Madrid.

Ia akan melanjutkan tur diplomatiknya ke Slovenia pada Selasa (16/4/2024) serta Belgia, yang bertindak sebagai Presiden Dewan Uni Eropa sejak awal tahun ini, pada Rabu (17/4/2024).

Sanchez dan Alexander De Croo Perdana Menteri Belgia juga berencana bertemu sebelum KTT luar biasa Eropa di Brussels pada 17-18 April.

Kedua pemimpin tersebut November lalu melakukan kunjungan ke Timur Tengah, di mana mereka mengkritik respons Israel terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober 2023. Atas pernyataan mereka, Israel memanggil duta besar Belgia dan Spanyol. (ant/azw/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs