Kamis, 25 Juli 2024

PMI Buka Layanan Donor Darah sampai Sabtu di Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengunjung yang melakukan pendaftaran donor darah di booth PMI di Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza, Jumat (29/3/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net Pengunjung yang melakukan pendaftaran donor darah di booth PMI di Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza, Jumat (29/3/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) membuka layanan donor darah di acara Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza yang berlangsung di Balai Kota Surabaya.

Layanan meliputi donor, screening, dan tensi yang buka mulai hari ini, Jumat (29/3/2024) hingga Sabtu (30/3/2024) besok pukul 19.00 WIB.

Roby Firdiansyah Dwiyatma salah seorang Dokter PMI menyebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan donor darah. Meliputi usia minimal 17 tahun dengan maksimal umur antara 50-06 tahun keatas, berat badan minimal 45 kilogram, dalam kondisi sehat, tidak batuk pilek, konsumsi obat diatas 3 hari, dan tidak mengonsumsi minuman jamu.

“Kalau tidak memenuhi persyaratan tidak bisa (mendonorkan darah). Karena juga akan memengaruhi kualitas darah yang akan didonorkan,” ujar Roby saat ditemui suarasurabaya.net.

Dia menuturkan, donor darah bagi orang yang berpuasa tidak berbahaya bagi kesehatan, asalkan dilakukan sesuai ketentuan.

“Kalau orang itu memang sudah terbiasa donor dalam kondisi puasa ya tidak apa-apa. Tapi kalau memang kondisi tubuhnya lemas, disarankan menunggu buka terlebih dahulu sebelum donor,” katanya.

Keuntungan dari donor darah, lanjutnya, bisa membantu banyak orang yang membutuhkan transfusi darah. Selain itu, juga bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

“Dengan donor darah bisa membuat tubuh kita terasa ringan, sekaligus menjadi screening body untuk mengetahui kondisi kesehatan kita sendiri,” tuturnya.

Untuk persyaratan administratif, Anda dapat membawa identitas diri berupa KTP, SIM, atau paspor. Layanan ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Ia menyarankan, untuk melakukan donor darah setidaknya sekali dalam 3-4 bulan, serta tidak melakukan donor sel darah merah lebih dari 3x dalam setahun.

“Karena ‘kan dengan donor darah, kita juga bisa sekalian screening body tentang kondisi tubuh kita sendiri,” tutupnya. (azw/ike/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs