Sabtu, 25 Mei 2024

Polda Jatim Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi pada Minggu dan Senin

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Gerbang Tol Pandaan Ilustrasi - Suasana Gerbang Tol Pandaan di Pasuruan, beberapa waktu lalu. Foto: HP-Jasamarga Pandaan Tol

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memprediksi puncak arus balik terjadi pada Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024).

Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim menyebut, puncak arus balik terjadi setelah arus wisata akhir pekan ini sampai besok.

“Prediksi kami Minggu malam atau sore dan Senin akan menjadi puncak arus balik. Karena cuti cukup panjang,” kata Komarudin pada Sabtu (14/4/2024).

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan selalu melakukan pengecekan kendaraan.

“Pastikan betul kendaraan itu memiliki izin. Pastikan kendaraan kondisi baik, termasuk sopir yang akan membawa (kendaraan itu),” jelasnya.

Ia juga minta masyarakat patuh aturan lalu lintas dan mengikuti petunjuk dan arahan petugas di lapangan.

Peningkatan volume kendaraan, lanjutnya, membuat petugas merekayasa arus lalu lintas untuk menghindari perambatan di titik tertentu.

“Silakan diikuti arah yang diberikan petugas di lapangan, karena sudah dilalui kajian yang sudah dievaluasi, gladi dan disosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara puncak arus wisata di sejumlah tempat terjadi mulai hari kedua Lebaran pada 11 April lalu hingga Minggu (14/4/2024).

Berdasarkan pantauannya, di simpang exit Tol Singosari, banyak kendaraan menuju arah Malang, Batu. “Dimungkinkan hal ini akan terus terjadi sampai hari Minggu (14/4/2024) nanti,” ujarnya.

Selain Kota Batu dan Malang, kepadatan terlihat di beberapa wilayah di Jatim.

“Sarangan, Pasir Putih di Situbondo dan beberapa titik lainnya terlihat meriah. Karena prediksi kami Jumat, Sabtu, Minggu adalah arus wisata. Setelah itu fokus arus balik,” tandasnya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs