Minggu, 16 Juni 2024

Polisi Sebut Kabar Tepung Gorengan Campur Narkoba Adalah Hoaks

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi Kabid Humas Polda Metro Jaya ketika ditemui di Jakarta pada Rabu (22/5/2024). Foto: Antara

Polda Metro Jaya menyebut informasi tepung gorengan dicampur dengan narkoba adalah hoaks atau berita bohong.

“Belakangan beredar berita bohong adanya modus baru peredaran narkoba yang dicampur ke dalam gorengan atau tepung,” ucap Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dilansir dari Antara pada Kamis (23/5/2024), Ade Ary menjelaskan, berdasarkan penelusuran terhadap video tersebut ternyata merupakan hasil pengeditan saat pihak Ditresnarkoba melakukan penggerebekan kasus narkoba di Kawasan Sentul, Bogor pada Minggu (28/4/2024).

“Setelah ditelisik lebih jauh, informasi tersebut dipastikan hoaks atau berita bohong. Pasalnya, video yang disebut-sebut merupakan gorengan atau tepung yang mengandung narkoba, merupakan video pengungkapan Clandestine Laboratory penghasil Pinaca atau Cannabinoid,” katanya.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan membantah adanya adonan tepung yang dicampur dengan narkoba seperti yang beredar dalam video tersebut.

“Tepung yang disebut mengandung narkoba, merupakan salah satu serbuk kimia yang menjadi bahan pembuatan Pinaca, yang merupakan bahan utama pembuatan tembakau sintetis,” jelasnya.

Sebelumnya beredar video yang diunggah di media sosial Instagram. Dalam unggahan itu terlihat Kombes Pol Hengki Dirresnarkoba Polda Metro Jaya dan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi Kabid Humas Polda Metro Jaya memperlihatkan seperti tepung yang telah digoreng.

“Modus baru gorengan dicampur bubuk narkoba,” tulis unggahan tersebut. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs