Minggu, 21 Juli 2024

PPIH akan Safariwukufkan 288 Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Nonmandiri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Peserta safari wukuf lansia nonmandiri saat digeser dari hotel sektor menuju hotel transit di Makkah, Rabu (12/6/2024). Foto: MCH 2024

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan menyafariwukufkan 288 jemaah haji lanjut usia (lansia) dan disabilitas nonmandiri atau tanpa pendamping.

“Berdasarkan data yang kami dapatkan dari kepala seksi bahwa jumlah jemaah haji yang akan kita safari hukumkan itu berjumlah 288 itu terdiri dari 11 sektor,” ujar dr. Meldy Koordinator Safari Wukuf Lansia non-Mandiri di Makkah, Rabu (12/6/2024), dilansir Antara.

Kemenag telah menentukan persyaratan jemaah calon haji lansia dan disabilitas yang akan mengikuti safari wukuf lansia non-mandiri.

Pertama, jemaah calon haji lansia dan disabilitas yang tidak mandiri (tirah baring) dalam melakukan aktivitas sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan dasar (makan, minum, mandi, mobilisasi).

Kedua, jemaah haji lansia dan disabilitas yang tidak bisa berjalan atau pengguna kursi roda karena sakit yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Ketiga, jemaah haji lansia dan disabilitas yang memiliki komorbid penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, stroke (sedang-berat).

Keempat, jemaah haji lansia dan disabilitas yang pulang setelah mendapat perawatan dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dengan kelemahan.

Terakhir, jemaah haji lansia dan disabilitas sesuai dengan kriteria risiko tinggi yang ditentukan petugas kloter.

Meldy mengatakan saat ini jemaah lansia tengah dijemput secara berkala dari hotel pemondokan di tiap sektor ke hotel transit. Letaknya dekat dengan KKHI Makkah.

“Fasilitas secara infrastrukturnya di sini kita buat senyaman mungkin seperti di rumah. Sehingga kita memilih hotelnya ini adalah mirip apartemen,” kata dia.

Rencananya, jemaah lansia non mandiri tersebut akan disafariwukufkan pada Sabtu pekan ini. Maka, demi kelancaran pergeseran dan safari wukuf, jemaah diberangkatkan lebih awal ke hotel transit.

“Kalau itu dilakukan menjelang H-1 atau H-2, takutnya itu tidak sempat bahkan mungkin akan mengganggu kesehatan mereka,” kata dia. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs