Selasa, 30 April 2024

Presiden Korea Selatan akan Sampaikan Pernyataan Publik setelah Kalah Pemilu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Yoon Suk Yeol Presiden Korea Selatan memberikan suaranya dalam pemilihan parlemen ke-22, di Busan, Korea Selatan, Jumat (5/4/2024). Foto: Reuters Yoon Suk Yeol Presiden Korea Selatan memberikan suaranya dalam pemilihan parlemen ke-22, di Busan, Korea Selatan, Jumat (5/4/2024). Foto: Reuters

Yoon Suk Yeol Presiden Korea Selatan akan memberikan pernyataan publik pertama sejak partai pengusungnya, Partai Kekuatan Rakyat, kalah dalam pemilihan umum parlemen.

Yoon akan menggunakan pidato pembukaannya dalam pertemuan kabinet pada Selasa (16/4/2024) untuk berbicara tentang rencananya mengubah kinerja pemerintahan dan bekerja sama dengan Majelis Nasional terpilih, kata seorang pejabat kepresidenan dilansir dari Antara.

Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa, menelan kekalahan telak dalam pemilihan parlemen Rabu (10/4/2024) pekan lalu karena hanya memperoleh 108 dari 300 kursi di Majelis Nasional.

Pemilihan itu dianggap sebagai pemilu sela (midterm) bagi kinerja Yoon selama dua tahun dari lima tahun masa jabatannya.

“Jika dia berbicara tentang pemilu dalam rapat kabinet, pidato terpisah di depan umum mungkin tidak diperlukan,” kata pejabat itu, mengacu pada laporan yang mengatakan bahwa Yoon mungkin akan berpidato untuk menyampaikan sikapnya.

Meski pidato pada Selasa akan menjadi pernyataan pertamanya, Yoon telah mengeluarkan pernyataan singkat melalui kepala stafnya sehari setelah pemilu.

Dia mengatakan akan menjunjung tinggi keinginan rakyat lewat pemilu dan berupaya mereformasi pemerintah.

Menurut Kim Soo-kyung juru bicara kepresidenan, Yoon Presiden mengatakan dirinya dan Han Duck-soo Perdana Menteri akan melakukan yang terbaik demi kesejahteraan Rakyat Korsel.

“Prioritas utama dalam urusan negara adalah penghidupan masyarakat, sekali lagi, penghidupan masyarakat,” kata Yoon melalui juru bicaranya.

Yoon juga meminta Han untuk memeriksa kembali komitmen dan disiplin pejabat publik sebagai bagian dari upaya meningkatkan penghidupan masyarakat. (ant/azw/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs