Senin, 29 April 2024

Presiden Tegaskan Pentingnya Sinergi TNI Polri dan Rakyat untuk Wujudkan Indonesia Maju

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan pidato dalam pembukaan Rapim TNI-Polri, Rabu (28/2/2024), di Mabes TNI, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (28/2/2024), membuka secara resmi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024, di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam pidatonya, Presiden menyorot berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia, seperti ketidakpastian ekonomi global, dan konflik geopolitik.

Menghadapi ketidakpastian serta kompetisi global yang semakin kompleks, Jokowi meminta semua pihak, termasuk jajaran TNI-Polri berhati-hati dan waspada.

“Kita tahu ketidakpastian ekonomi masih belum jelas, masih belum pasti. Geopolitik dunia juga sulit dihitung, sulit dikalkulasi. Lanskap ekonomi, lanskap politik dunia juga sulit dikalkulasi, sulit dihitung. Kita tahu konflik di Ukraina belum selesai, datang konflik Gaza, ada tambahan Yaman sehingga menyebabkan inflasi pangan melanda dunia,” ujarnya.

Terkait isu pertahanan dan keamanan, Presiden menekankan perlunya TNI-Polri beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk perang siber dan penggunaan drone.

Selanjutnya, Kepala Negara juga menyinggung pentingnya memperkuat profesionalisme, pelayanan masyarakat, sinergi antarkesatuan dan kemanunggalan dengan rakyat.

“Penguasaan iptek jelas makin dibutuhkan. TNI-Polri harus menjadi pembelajar yang aktif, pembelajar yang adaptif. TNI-Polri juga harus mampu melakukan deteksi dini, mengambil langkah antisipasi, memperkuat profesionalisme dan pelayanan terhadap masyarakat, memperkuat nilai-nilai TNI Prima, Polri yang Presisi, serta kemanunggalan dengan rakyat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Presiden mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri atas komitmen menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan masih ada sejumlah tahapan pemilu yang perlu terus dijaga jajaran TNI-Polri sampai Oktober 2024.

Sekadar informasi, Rapim TNI-Polri digelar untuk menyamakan visi pelaksanaan tugas pertahanan dan keamanan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Tema Rapim TNI-Polri Tahun 2024 yaitu TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs