Senin, 24 Juni 2024

Program Pangan Dunia Serukan Gencatan Senjata yang Mendesak di Gaza

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Asap mengepul di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, Palestina (28/5/2024). Tentara Israel pada hari Selasa maju ke jantung kota Rafah di Jalur Gaza selatan, di tengah bentrokan dengan militan Palestina. Foto: Xinhua/Antara

Program Pangan Dunia (WFP) menyerukan gencatan senjata mendesak di Gaza dan memperingatkan bahwa kemampuannya untuk membantu orang-orang di wilayah kantong Palestina yang terkepung semakin memburuk.

“Kita membutuhkan gencatan senjata yang mendesak sekarang,” kata WFP melalui akun media sosial X, Rabu (29/5/2024).

WFP menekankan bahwa Rafah sedang “terbakar” dan orang-orang serta anak-anak yang mengungsi di Rafah dan di seluruh Gaza sudah sangat kelelahan.

“Dan kemampuan kami untuk membantu mereka semakin memburuk seiring berjalannya waktu, setiap hari,” ucapnya seperti diberitakan Anadolu dan dilansir Antara.

Pernyataan badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut muncul setelah serangan Israel pada Minggu (26/5/2024) terhadap sebuah kamp pengungsi di kota Rafah di Gaza selatan, yang menyebabkan kematian puluhan orang.

Setidaknya 45 orang tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan hampir 250 lainnya terluka, termasuk luka bakar serius, setelah serangan Israel.

Israel telah melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 menyusul serangan Hamas, menewaskan lebih dari 36.170 orang dan melukai sedikitnya 81.400 lainnya.

Hampir delapan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan “genosida” di Mahkamah Internasional yang dalam keputusan terbarunya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasinya di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
26o
Kurs