Rabu, 17 Juli 2024

Pusat Data Nasional Diserang, Pakar Ingatkan Pentingnya SDM selain Kecanggihan Teknologi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Brian Marshal CEO Circlo seusai mengisi workshop dengan tema Ekonomi dan Teknologi Digital yang diadakan oleh Kompas Institute dan Konsulat Jenderal Australia di Surabaya, pada Senin (24/6/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu unsur penting dalam cyber security, selain kecanggihan teknologi itu sendiri.

Hal itu diungkapkan oleh Brian Marshal CEO Circlo menanggapi Pusat Data Nasional (PDN) Kemenkominfo RI yang sempat mengalami gangguan dan berimbas ke sejumlah layanan publik di Indonesia.

“Karena banyak kejadian, eksploitasi cyber security tren itu sebenarnya tidak semata-mata dari teknologinya, tapi dari kelemahan dari pelaku teknologi juga,” katanya seusai mengisi workshop dengan tema Ekonomi dan Teknologi Digital yang diadakan oleh Kompas Institute dan Konsulat Jenderal Australia di Surabaya, Senin (24/6/2024).

Ia mengatakan, wawasan pelaku teknologi penting ditingkatkan sebagai upaya untuk menghadang setiap ancaman cyber security.

“Mungkin kebijakan teknologi itu bisa dibuat semakin rapi, tidak sekadar fungsional, tapi juga aman. Dan di sisi lain, manusianya juga harus diberikan wawasan untuk cyber security,” tuturnya.

Ia memberikan contoh sederhana soal upaya menjaga keamanan cyber, yakni soal kejadian akun sosial media yang terkena hack. Menurutnya, hal semacam itu juga harus dilihat dari segi tingkat kekuatan password yang digunakan oleh pemilik akun.

“Kalau yang punya sosmed tidak memahami itu, password-nya bisa saja gampang diterka orang lain. Nah ini sebagai contoh sederhana saja,” katanya.

Ia berharap, kejadian semacam itu tidak terulang lagi, dan pusat data nasional keamanannya terjaga.

Ia juga mengingatkan pentingnya kerja sama antara Pemerintah dengan pelaku industri untuk membentengi data-data dari ancaman cyber.

“Yakni, bagaimana mengharuskan setiap teknologi dikembangkan dengan kaidah-kaidah cyber security yang baik, jadi bukan cuma sekedar teknologi sudah nyala dan berfungsi, tapi juga aman,” pungkasnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
24o
Kurs