Kamis, 2 Mei 2024
Advertorial

Samator Group Komitmen dan Implikasi ESG di Bulan Suci Ramadan Lewat Buka Bersama di Ruang Terbuka Hijau

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Rachmat Harsono CEO Samator Group didampingi Dedik Irianto Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya melakukan Prosesi Penanaman Pohon di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya, Kamis (4/4/2024). Foto: Samator

PT Samator Indo Gas Tbk pada, Kamis (4/4/2024) kemarin, telah melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama yang mengusung tema “Green Ngabuburit: Tree for City” di Kebun Bibit Wonorejo, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri Rachmat Harsono CEO Samator Group beserta jajaran Direksi, General Manager, Putra Putri Samator Group serta Dedik Irianto Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, dan turut mengundang Panti Asuhan Assalafiyah.

Konsep program Safari Ramadan tahun 2024 ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, dengan dilaksanakan Samator Group di Ruang Terbuka Hijau (RTH), bekerja sama dengan beberapa pihak mulai dari jajaran dinas pemerintahan, hingga panti asuhan setempat.

“Saat ini, Kota Surabaya telah memiliki Ruang Terbuka Hijau dengan jumlah yang signifikan yaitu 22 persen dari angka minimal 20 persen. Tentu saja angka ini sangat baik untuk menjadi percontohan bagi kota-kota lainnya dalam memerangi polusi udara,” tutur Rachmat Harsono dalam sambutannya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu konsistensi dalam menjaga bahkan meningkatkan kualitas udara yang baik. Salah satunya melalui penanaman pohon di RTH guna menjaga kebersihan lingkungan demi menciptakan ruang yang nyaman untuk aktivitas serta mewujudkan kesehatan fisik dan mental bagi masyarakat yang berkunjung.

“Seperti yang kita lakukan saat ini, berkegiatan di RTH bermanfaat untuk peningkatan produktivitas dan kreativitas serta meningkatkan kondisi kesehatan khususnya di bulan suci Ramadan ini,” sambungnya.

Sebagai informasi, rangkaian Green Ngabuburit: Tree for City diselenggarakan di tiga kota yakni, Banjarbaru pada 21 Maret lalu di RTH Al-Munawarrah, dilanjutkan yang kedua di Jakarta Timur pada 2 April di Taman Waduk Ria Rio, dan pelaksanaan ketiga di Kota Surabaya pada, Kamis kemarin, di Kebun Bibit Wonorejo.

Kegiatan diawali dengan prosesi penanaman lima bibit pohon berupa Pohon Belimbing, Jambu dan Jeruk yang dilakukan oleh CEO Samator Group beserta jajaran Direksi, Kepala DLH Kota Surabaya, beserta pihak pengelola Kebun Bibit Wonorejo.

Selain itu juga dilakukan penyerahan 49 bibit pohon dari Samator Group kepada DLH Kota Surabaya. 49 bibit pohon ini juga merupakan simbolis semangat serta optimisme menyambut 49 tahun Samator Group pada 22 Juli 2024 mendatang.

Suasana Kebun Bibit Wonorejo juga semakin semarak dengan adanya kegiatan melukis pot tembikar bertemakan lingkungan, diikuti oleh 25 anak Panti Asuhan Assalafiyah. Seusai melukis, masing-masing anak juga mendapatkan bibit bunga untuk ditanam di pot yang telah dilukis lalu dibawa pulang.

Salah satu anak Panti Asuhan Assalafiyah melukis pot bunga yang akan ditanami bibit pohon dalam acara Buka Puasa Bersama yang mengusung tema “Green Ngabuburit: Tree for City” di Kebun Bibit Wonorejo, Kota Surabaya, Kamis (4/4/2024). Foto: Samator

Melukis di RTH menjadi sarana Samator Group dalam memfasilitasi kreativitas anak-anak serta memperkenalkan generasi muda dengan nilai-nilai perlindungan lingkungan dan membangun kesadaran akan pentingnya mempertahankan alam semesta bagi kita dan generasi yang akan datang.

Momentum Bulan Suci Ramadan 1445 H ini juga dimanfaatkan Samator Group untuk bersedekah melalui santunan yang diberikan kepada anak-anak Panti Asuhan Assalafiyah.

Dalam tausiah yang disampaikan jelang buka puasa, Ustad Abdurrohim Kholili menyebutkan bahwa “Konsep “hablum minallah hablum minannas” mencerminkan hubungan erat antara manusia dengan Tuhan dan hubungan antar sesama manusia.

Dengan menjaga kebersihan, maka kita juga menjaga hubungan yang harmonis antara diri kita dengan sesama manusia serta menjadi cerminan ketaatan, rasa cinta dan syukur kepada Tuhan.

Terakhir, Rachmat Harsono juga menyatakan bahwa “Konsep baru dalam acara Safari Ramadhan ini juga merupakan komitmen kami sebagai perusahaan terhadap ESG (Environmental, Social, and Governance).

“Kami menyadari bahwa perlindungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat adalah bagian penting dari pembangunan bisnis yang berkelanjutan.” Melalui Green Ngabuburit: Tree for City, Samator Group terus berkomitmen dalam kontribusi nyata menciptakan perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta memberi manfaat positif bagi masyarakat sekitar,” tutupnya. (adv/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs