Rabu, 17 April 2024

Sebagian Besar Jatim Diprakirakan Hujan dalam Momen Tahun Baru Imlek

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
cuaca Ilustrasi. Hujan lebat mengguyur kawasan Surabaya Barat. Foto: Dok. Netter suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca disebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) diguyur hujan seharian dalam momen Tahun Baru Imlek, Sabtu (10/2/2024) hari ini.

Berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net, pada pagi hari, wilayah yang turun hujan yakni Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Nganjuk, Trenggalek, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sementara pada siang hingga sore, hujan akan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sampang.

Sementara untuk malam hari, hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Gresik, Kabupaten Probolinggo dan Sumenep.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 13 hingga 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin dominan berhembus dari Barat ke Barat Daya dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan, ada potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi berhembus dari barat ke barat Laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 14 knot (25 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knot (22 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.5-1.5 meter. (sya/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs