Senin, 17 Juni 2024

Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diprakirakan Hujan Deras Hari Ini

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan. Grafis: Suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga deras di sejumlah wilayah Indonesia hari ini, Jumat (25/4/2024), meliputi Aceh, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan risiko serupa bagi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat.

Sementara itu, risiko hujan petir diperkirakan turun di Jawa Barat, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Sulawesi Tenggara.

BMKG juga memberikan peringatan dini akan risiko hujan lebat di Lampung, Jambi, Kalimantan Timur, dan Sumatera Utara.

Sedangkan untuk Bengkulu diperkirakan hujan ringan hingga lebat, dan angin kencang menerpa Nusa Tenggara Timur.

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG menyebut bahwa Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) memberikan dampak positif di tengah laju perubahan iklim. Hal tersebut disampaikan Dwikorita pada saat pertemuan Bilateral dengan Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik, dan Perikanan Tunisia Abdelmonaam Belaati pada momen World Water Forum 2024 di Bali.

“Seiring intensitas cuaca ekstrem yang tinggi, memang negara kita banyak menderita akibat bencana dan itulah mengapa TMC menjadi salah satu pendekatan mitigasi yang bisa dilakukan pada saat kita terancam,” kata dia.

Ia mengemukakan, TMC dapat dilakukan untuk memitigasi bencana seperti cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim, misalnya cuaca esktrem yang disebabkan oleh fenomena El Nino pada 2015, 2016, dan 2019, di mana banyak wilayah yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan. (ant/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs