Kamis, 2 Mei 2024

Semburan Api Muncul di Sumur Bor Milik Warga di Pamekasan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar video yang menunjukkan api yang muncul dari sumur bor milik warga di Dusun Kadur Barat, Kecapamatan Kadur, Pemekasan pada Kamis (11/1/2024).

Semburan api muncul dari sumur bor milik warga di Dusun Kadur Barat, Kecapamatan Kadur, Pemekasan, Pulau Madura, Jawa Timur pada Kamis (11/1/2024).

Ziyad Reporter Radio Karimata Pamekasan melaporkan, semburan api itu bermula dari salah seorang warga bernama Junaidi yang melakukan pengeboran sumur air, sekitar dua pekan lalu.

Setelah kurang lebih dua pekan mengebor dan mencapai kedalaman 140 meter, pengeboran dihentikan karena sisa pipa besi untuk pengeboran habis.

Kemudian pada Rabu (27/12/2023) malam, pemilik coba memasukkan pompa air. Namun tiba-tiba pompa air terhempas ke atas disertai air dengan tekanan yang sangat kuat.

“Saat sudah di kedalaman 140 meter, dipasang pompa. Tiba-tiba pompa terangkat ke atas. Kemudian kami laporkan ke Dinas ESDM Jawa Timur. Diberikan rekomendasi diberi tambahan pipa setinggi sepuluh meter,” ucap Akhmad Dhofir Rosidi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pamekasan ketika mengudara di Radio Suara Surabaya.

Meski sudah dipasang tambahan pipa, menurut Dhofir semburan yang diduga gas tersebut masih sangat kuat. Lalu pada Kamis pagi pihaknya mendapatkan laporan bahwa sumur ini mengeluarkan kobaran api.

“Saat kami cek di lokasi, kondisi pipa berubah. Tidak seperti rekomendasi tim Dinas ESDM Jatim. Tingginya tinggal 0,5 meter dari tanah dan dibelokkan. Ada kemungkinan besar seseorang yang menyalakan rokok atau korek api, hingga tersulut api hingga muncul kondisi seperti saat ini,” jabar Dhofir

BPBD telah meminta bantuan dari Tim Pemadam Kebakaran Pakemasan untuk memadamkan api di sumur bor tersebut. Hingga Kamis siang, api tersebut masih belum bisa dipadamkan.

“Selain itu, staf kami juga meminta bantuan ke Pertamina di Camplong karena ini harus ada penanganan khusus,” kata Dhofir. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs