Selasa, 21 Mei 2024

Subandi Plt Bupati Sidoarjo Instruksikan Kades Optimalkan Aplikasi Si Praja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Subandi Wakil Bupati Sidoarjo. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Subandi, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo menginstruksikan Kepala Desa (Kades) di kabupaten setempat untuk mengoptimalkan aplikasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (Si Praja) guna membantu masyarakat dalam masalah administrasi kependudukan.

“Saya sangat berharap aplikasi Sipraja agar terus dijalankan dan disosialisasikan ke seluruh masyarakat. Dan semoga mereka dapat mengoptimalkan pelayanan yang diberikan, sehingga masyarakat cukup mengakses dimana saja lewat telepon seluler masing-masing. Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat,” katanya dilansir Antara, Jumat (10/5/2024).

Pemerintah wajib peka terhadap permasalahan yang dihadapi publik, terutama permasalahan bersifat administratif. Dimana pemerintah menjadi satu-satunya tumpuan masyarakat untuk urusan administratif yang wajib bagi masyarakat.

Menurut Subandi, urusan administrasi, terutama administrasi kependudukan sangat vital. Administrasi kependudukan menjadi dokumen penting yang wajib dimiliki oleh masyarakat, dan sebagai bentuk kepatuhan masyarakat terhadap regulasi kependudukan.

“Apalagi saat ini, kades baru mendapat penambahan masa jabatan dua tahun. Saya mohon pengabdian dan pelayanan untuk masyarakat juga harus lebih ditingkatkan. Genjot pembangunan dengan dana yang sudah digelontorkan oleh pemerintah,” tuturnya.

Ia berpesan, tata kelola pemerintah desa harus diperbaiki. Target pembangunan yang belum tercapai segera dipenuhi, agar masyarakat dapat merasakan manfaat yang positif,” ujarnya.

Menurutnya, bagaimana pun juga pembangunan tidak akan berhasil kalau tidak dibantu dari semua warga desa.

‘Kita harus mempunyai satu kekuatan dan kekompakan, untuk suksesnya pembangunan desa. Karena pembangunan desa menjadi tolok ukur majunya Sidoarjo secara umum,” pungkasnya.(ant/man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version