Minggu, 19 Mei 2024

Tentara Amerika Serikat Meninggal Usai Bakar Diri Bela Palestina di Depan Kedubes Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Dua petugas divisi berseragam Secret Service memblokir akses di dekat Kedutaan Besar Israel pada Minggu (25/2/2024) usai aksi bakar diri yang dilakukan Aaron Bushnell. Foto: AFP

Seorang tentara yang bertugas sebagai pilot aktif di angkatan udara Amerika Serikat, meninggal dunia selepas membakar diri pada Minggu (25/2/2024) lalu.

Aksi bakar diri itu dilakukan di luar Kedutaan Besar Israel di Washington DC sebagai bentuk protes dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza.

Menurut laman Washington Post pada Senin (26/2/2024) malam, pilot itu bernama Aaron Bushnell (25) asal dari San Antonio. Ia meninggal di rumah sakit pada Minggu malam waktu setempat.

Insiden bakar diri tersebut terjadi pada Minggu siang. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, Bushnell meneriakkan “Bebaskan Palestina!” saat ia terbakar.

Rose M. Riley juru bicara Angkatan Udara AS disebut mengkonfirmasi bahwa seorang penerbang aktif terlibat dalam insiden hari itu. Rincian lebih lanjut tentang dinas militernya tidak tersedia.

Para pejabat mengatakan bahwa seorang petugas Secret Service AS berupaya memadamkan api yang melalap tubuh Bushnell sebelum petugas pemadam kebakaran DC tiba.

Bushnell dilarikan ke rumah sakit dengan luka yang mengancam nyawa. Laporan polisi DC menyebut Bushnell meninggal pada Minggu sekitar pukul 20.06 waktu setempat. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs