Kamis, 9 Mei 2024

Tentara Israel Klaim Tewaskan Pejabat Senior Jemaah Islamiyah Lebanon

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arsip - Api dan asap membubung dari bangunan pertanian di Lebanon selatan, seperti yang terlihat dari Kiryat Shmona di Israel utara yang berbatasan dengan Lebanon, menyusul pemboman oleh tentara Israel, pada 23 November 2023. Foto: Xinhua.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim telah menewaskan Mosab Khalaf, pejabat senior gerakan Jemaah Islamiyah Lebanon.

Dilansir Antara, Sabtu (27/4/2024), IDF dalam pernyataannya melalui kanal Telegram menjelaskan bahwa pesawatnya menyerang dan melenyapkan Mosab Khalaf, pejabat senior di organisasi Jemaah Islamiyah yang sebelumnya melancarkan serangan terhadap Israel, di daerah Meidoun.

“Organisasi Jamaah Islamiyah baru-baru ini merencanakan dan mendukung sejumlah besar serangan dari wilayah Lebanon terhadap Israel di wilayah Har Dov, serta wilayah tambahan di Israel utara,” kata IDF.

IDF juga mengatakan Khalaf telah bekerja sama dengan cabang gerakan Hamas Palestina di Lebanon, dengan mengoordinasikan dan melakukan serangan terhadap Israel.

“Pelenyapan Khalaf dilakukan untuk merusak kemampuan organisasi dalam melakukan serangan terencana terhadap Negara Israel di wilayah perbatasan utara,” ucap IDF.

Sementara belakangan ini, sayap militer gerakan Lebanon mengkonfirmasi kematian Khalaf akibat serangan pesawat nirawak Israel terhadap mobil yang ditumpanginya.

Tidak hanya itu, situasi di perbatasan Israel-Lebanon kian memburuk setelah dimulainya operasi militer Israel di Jalur Gaza pada Oktober 2023, yang sejauh ini menewaskan lebih 34 ribu korban jiwa. (ant/sya/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs