Kamis, 2 Mei 2024

Tiket Mudik Setelah Lebaran Masih Tersedia 18 Ribu Lebih Seat per Hari

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Susana di stasiun Pasar Senen. Foto istimewa

Sejak dimulainya masa angkutan lebaran dari tanggal 31 maret 2024 sampai dengan 21 April 2024, jumlah pemudik KA Jarak Jauh (KAJJ) berdasarkan pantauan pada hari Kamis 11 April 2024 (H2 lebaran), jumlah pelanggan yang telah dan akan berangkat sementara ini ada sebanyak 692.948 orang.

Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, data tersebut masih akan berubah karena proses penjualan tiket masih berlangsung dan tiket mudik paska lebaran masih tersedia. Ketersediaan tempat duduk per tanggal 11 April 2024 sebanyak 208.068 atau 18.915 seat per hari.

“Puncak arus mudik selama masa angkutan lebaran telah terjadi pada tanggal 8 april 2024 telah melayani sebanyak 47.852 penumpang,” ujar Ixfan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/4/2024).

Sedangkan untuk pantauan arus balik, kata dia, akan terjadi pada tanggal 13, 14 dan 15 April 2024. Pada tanggal-tanggal tersebut terdapat sebanyak 44 ribu lebih penumpang per harinya yang menuju Jakarta.

“Untuk data keberangkatan Kamis 11 April 2024 pada pantauan data pada pukul 08.00 ada sebanyak 41.707 penumpang yang akan dan telah meninggalkan Jakarta menggunakan transportasi KAJJ, dengan rincian:

  • Berangkat dari Stasiun Gambir : 17.247 penumpang.
  • Berangkat dari Stasiun Pasar Senen : 24.460 penumpang.

Adapun jumlah KA per Kamis ada 75 KA.

Sebaran kota favorit yang menjadi tujuan antara lain :

  • Surabaya
  • Malang
  • Solo
  • Yogyakarta
  • Kutoarjo
  • Semarang
  • Purwokerto

“Dengan semakin banyaknya KAJJ yang beroperasi, KAI mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya yang hendak bepergian hendaknya selalu berhati-hati saat akan melintas di perlintasan sebidang, baik yang terjaga maupun tidak terjaga. Selalu disiplin dalam berlalu lintas, patuhi rambu-rambu yang telah terpasang sebelum perlintasan KA. Tengok kanan dan kiri sebelum melintas, pastikan tidak ada KA yang akan lewat,” jelasnya.

Menurut Ixfan, sampai saat ini, selama periode lebaran dari tanggal 31 Maret 2024 telah terjadi sebanyak 7 kali kejadian pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang, 3 kali kejadian tertemper mobil, 1 kali motor dan 3 kali orang melintas/pejalan kaki. Dari kejadian tersebut berakibat luka ringan, luka berat bahkan ada yang meninggal.

“Pelanggaran di perlintasan sebidang serta jalan raya merupakan pelanggaran lalu lintas dan dapat ditindak oleh pihak berwajib sesuai aturan UU yang berlaku,” kata dia.

Sebagaimana diatur dalam UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 menyatakan Kewajiban pengguna jalan yang berbunyi “Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.”

Juga UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114 dan sanksinya termaktub dalam Pasal 296 dengan bunyi sebagai berikut: “Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib:
a. Berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain,
b. Mendahulukan kereta api, dan
c. Memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.”

Apabila melanggar aturan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 huruf a maka dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000.

Keselamatan dan keamanan bersama dapat diwujudkan melalui kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pengguna jalan raya saat akan melintasi pintu perlintasan sebidang KA. KAI Daop 1 Jakarta juga terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah Kab/Kota yang memiliki perlintasan KA maupun kewilayahan dengan menggandeng Railfans(Pencinta kereta) melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang KA wilayah Daop 1 Jakarta. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs