Senin, 29 April 2024

Truk Pengangkut 400 Ribu Surat Suara Pemilu Terguling di Semarang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas mengevakuasi surat suara yang dimuat sebuah truk yang terguling di wilayah Jambu, Kabupaten Semarang pada Sabtu (6/1/2024). Foto: Antara

Sebuah truk yang mengangkut 400 ribu surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilaporkan terguling hingga masuk jurang di jalur antara Kabupaten Semarang dan Temanggung di wilayah Jambu, Kabupaten Semarang pada Sabtu (6/1/2024).

Afiffudin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang membenarkan insiden itu. Ia menyebut truk yang mengalami kecelakaan itu mengangkut sekitar 400 ribu lembar surat suara Pemilu 2024.

“Dari percetakan mengangkut 800 dos. Tiap dos isinya 500 lembar surat suara,” kata Afiffudin dilansir Antara pada Sabtu.

Menurutnya, truk itu mengangkut surat suara untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 dan 6 DPRD Kabupaten Magelang. Surat suara tersebut, katanya, rencananya akan dibawa ke KPU Kabupaten Magelang untuk disortir dan dilipat mulai Senin (8/1/2024) besok lusa.

Afiffudin mengatakan bahwa proses evakuasi truk tersebut berjalan hampir dua jam dan dibantu dengan dua unit truk derek.

Afiffudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan nahas tersebut. Hanya saja ia belum mengetahui pasti kronologis kecelakaan itu. “Sopir sudah dievakuasi, dalam keadaan sadar,” katanya.

Afiffudin menyebut surat suara yang berada di truk nahas itu masih menjadi tanggung jawab perusahaan percetakan.

“Nanti kita tunggu dari percetakan untuk dikirimkan kembali dan saat ini belum selesai proses evakuasi surat suara karena harus ambil dalam jurang ke atas dan dibawa kembali ke percetakan dan dikawal oleh aparat keamanan,” katanya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs