Minggu, 28 April 2024

Unesa Siapkan Beasiswa Kuliah bagi Lulusan Sekolah Indonesia di Arab Saudi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dengan Sekolah Indonesia di Riyadh (SIR) dan Sekolah Indonesia di Jeddah (SIJ) Arab Saudi dalam bidang pendidikan untuk beasiswa kuliah. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dengan Sekolah Indonesia di Riyadh (SIR) dan Sekolah Indonesia di Jeddah (SIJ) Arab Saudi dalam bidang pendidikan.

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, kerja sama yang didukung oleh Kedutaan Besar Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah itu, untuk memperkuat program beasiswa kuliah bagi lulusan dari dua sekolah tersebut.

“Sekolah Indonesia baik itu yang di Jeddah maupun Riyadh itu siswanya anak pekerja migran Indonesia. Kami kolaborasi untuk memberikan akses beasiswa kuliah di Unesa,” katanya, Rabu (13/3/2024).

Kerja sama itu, kata dia, juga merupakan bagian dari komitmen Unesa dalam memberikan akses pendidikan tinggi bagi putra-putri Tanah Air, termasuk anak-anak pekerja migran Indonesia.

“Kami selalu sampaikan, semangat Unesa merupakan semangat kemanusiaan. Selain itu, kami berkomitmen bersama pemerintah untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Selain di bidang pendidikan, Unesa juga memperkuat kerja sama dengan KBRI Riyadh di bidang seni, budaya dan olahraga. Serta, berkolaborasi dengan Universitas Islam Madinah untuk penelitian dan pertukaran dosen.

Hasan mengatakan, program kerja sama tersebut, sudah dikoordinasikan dalam rapat dengan seluruh jajaran untuk mengalokasikan anggaran pada berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berada di Arab Saudi.

“Hasil FGD (forum grup discussion) kemarin dengan KBRI dan sekolah Indonesia di sini telah mengidentifikasi permasalahan yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Semoga langkah konkrit ini membantu pemerintah dalam menyiapkan SDM unggul di masa mendatang,” harapnya.

Seperti diketahui, kerja sama antara Unesa dan sekolah Indonesia yang ada di Arab Saudi sebelumnya juga telah terjalin, yakni dalam aspek tridarma perguruan tinggi, seperti adanya keterlibatan program Merdeka Belajar Kampus Mederka (MBKM) Unesa di dua sekolah tersebut. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs