Minggu, 28 April 2024

Vaksin Polio Surabaya Putaran Kedua Akan Digelar Lagi 19 Februari, Ditarget Tuntas Seminggu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Vaksin polio pada anak putaran pertama di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya Vaksin polio pada anak putaran pertama di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Vaksin Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio putaran kedua di Kota Surabaya akan digelar lagi 19 Februari mendatang, targetnya tuntas sepekan pada 25 Februari 2024.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyebut, vaksinasi itu dilakukan serentak di 31 kecamatan. Ia juga sudah melakukan advokasi dengan jajaran perangkat daerah (PD) di lingkungan pemkot hingga lainnya.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak swasta, termasuk corporate social responsibility (CSR), dalam menghimpun dukungan sentra pelayanan imunisasi di TTU (tempat-tempat umum). Selain itu juga termasuk sarana rekreasi dan hiburan keluarga di Kota Surabaya,” kata Nanik lewat keterangan pers, Sabtu (10/2/2024).

Jumlah sasaran vaksinasi masih sama seperti putaran pertama, yaitu 329.616 anak usia 0 sampai delapan tahun kurang sehari.

Untuk mencapai target seluruh sasaran, lanjut Nanik, akan dioptimalkan pencatatan dan pelaporan melalui aplikasi Pemantauan Wilayah Setempat (PWS).

“Kami turut menggiatkan upaya promosi dan edukasi secara masif, terkait pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran kedua di Kota Surabaya,” ujarnya.

Termasuk, melibatkan beragam unsur mulai dari jajaran PD terkait sampai ke unit terkecil seperti di kecamatan, kelurahan dan RT/RW.

Selain itu, pemkot juga berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, mitra swasta, ormas, Tim Penggerak (TP) PKK, Kader Surabaya Hebat (KSH), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta civitas akademika.

Ia berharap, pelaksanaan program kegiatan Sub PIN Polio putaran kedua lancar dan akan terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) anak terhadap transmisi Polio di Kota Surabaya, sehingga Indonesia terbebas Polio.

“Pelaksanaan sosialisasi sudah mulai dilaksanakan pada Minggu kedua bulan Februari 2024 dan akan dikuatkan secara masif mulai minggu ketiga bulan Februari 2024,” pungkasnya.

Sebelumnya, capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama 15-21 Januari 2024 Kota Surabaya melebihi target, sampai 103,64 persen. Total capaiannya 341.612 anak dari semula target 329.616 sasaran. (lta/azw/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs