Sabtu, 18 Mei 2024

Volodymyr Zelenzky Presiden Ukraina Masuk Daftar Buron Rusia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Volodymyr Zelenskiy Presiden Ukraina menghadiri pertemuan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, setelah Rusia mengadakan referendum, Kyiv, Ukraina, 30 September 2022. Foto: Reuters

Kementerian Luar Negeri Rusia, pada Sabtu (4/5/2024), resmi memasukkan nama Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina dalam daftar buron atau orang yang dicari berdasarkan sebuah pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) nasional.

Dilansir Antara dari Anadolu, Minggu (5/5/2024), setelah 800 hari perang Rusia-Ukraina berlangsung, edaran tentang penangkapan Zelenskyy muncul dalam daftar buronan Rusia dengan peringatan “dicari berdasarkan pasal KUHP” meski pasalnya tidak disebutkan.

Kementerian itu juga mengeluarkan edaran bagi Petro Poroshenko, presiden pendahulu Zelenskyy, yang juga masuk dalam daftar orang yang dicari berdasarkan pasal tertentu dalam KUHP Rusia.

Zelenskyy telah menduduki jabatan Presiden Ukraina sejak 2019, sedangkan Poroshenko memimpin negara itu pada 2014-2019. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version