Kamis, 2 Mei 2024

WHO Prihatin Atas Serangan Bom Israel ke Tenda Pengungsi di Rafah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga Palestina memeriksa sebuah rumah yang terkena serangan Israel, di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 16 Februari 2024. Foto: Reuters

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu (2/3/2024) menyampaikan keprihatinan atas dugaan pengeboman oleh Israel terhadap tenda-tenda yang menaungi warga sipil di Rafah, Jalur Gaza selatan yang menyebabkan korban jiwa.

“Laporan menyatakan bahwa tenda-tenda yang menaungi warga di Rafah dibom, dilaporkan menewaskan 11 orang dan melukai 50 lainnya, termasuk anak-anak. Sungguh keterlaluan dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip Antara pada Minggu (3/3/2024).

“Di antara mereka yang tewas adalah petugas kesehatan. Petugas kesehatan dan warga sipil #BukanTarget, dan harus dilindungi kapanpun,” kata dia, mendesak Israel untuk melakukan gencatan senjata.

Lebih dari 1,4 juta warga Palestina mengungsi akibat serangan Israel di Gaza berkumpul di Rafah, mencari perlindungan dari pertempuran.

Rencana Israel untuk melakukan serangan terhadap kota tersebut telah menimbulkan peringatan internasional, dan banyak negara mendesak agar operasi tersebut ditahan atau dibatalkan.

Menurut Kementerian Kesehatan di Gaza, setidaknya 30.320 orang terbunuh dan 71.533 terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan awal yang dilakukan kelompok Palestina Hamas.

PBB mengatakan tempat penampungan di Gaza melebihi kapasitas, dan makanan serta air habis. Badan itu telah memperingatkan akan meningkatnya resiko kelaparan. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs