Minggu, 28 April 2024

WNI di Lebanon Sempat Direlokasi untuk Mengantisipasi Konflik Hizbullah-Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang tentara Israel berjalan melewati sebuah tank di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Lebanon, terlihat dari perbatasan dengan Lebanon di Israel utara pada 14 Oktober 2023. Foto: Reuters Seorang tentara Israel berjalan melewati sebuah tank di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Lebanon, terlihat dari perbatasan dengan Lebanon di Israel utara pada 14 Oktober 2023. Foto: Reuters

Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Lebanon selatan sempat direlokasi ke tempat perlindungan KBRI Beirut, guna mengantisipasi eskalasi konflik antara kelompok Hizbullah dan Israel.

Judha Nugraha Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri  menyebut, sebanyak 49 orang dari total 232 WNI di Lebanon tinggal di wilayah selatan negara itu.

“Beberapa waktu yang lalu KBRI Beirut telah melakukan relokasi WNI kita di Lebanon selatan ke shelter di KBRI. Namun, ketika situasi sudah membaik, mereka kembali lagi ke Lebanon selatan,” kata Judha dilansir Antara, Selasa (6/2/2024).

Menurut Judha, situasi keamanan di Lebanon masih belum stabil dan masih bergejolak. Karena itu, pemerintah terus memonitor situasi di Lebanon dan kawasan Timur Tengah guna mengantisipasi eskalasi konflik yang dapat membahayakan keselamatan WNI.

Selain menjalin komunikasi dengan WNI di kawasan tersebut, Kemlu terus memperbarui rencana cadangan dan skenario evakuasi, jika diperlukan.

“Namun hingga saat ini kita masih terus melakukan pemantauan,” tutur Judha.

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel di tengah baku tembak yang terjadi secara berkala antara pasukan Israel dan Hizbullah, dalam bentrokan paling mematikan sejak kedua pihak terlibat perang skala penuh pada 2006.

Namun, pertempuran kembali pecah di Lebanon setelah Israel berperang dengan kelompok pejuang Hamas Palestina di Jalur Gaza pada 7 Oktober tahun lalu.

Kelompok Hizbullah adalah sekutu Hamas yang menembakkan roket ke Israel, yang dibalas dengan serangan udara dan tembakan artileri.

Peningkatan ketegangan dan baku tembak sporadis yang terjadi antara tentara Israel di satu pihak, dan Hizbullah dan dengan faksi-faksi Palestina di pihak lainnya, menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, termasuk warga sipil Lebanon. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs