Minggu, 19 Mei 2024
Cahaya Islami

Berpuasa di Negeri Sunyi

Laporan oleh Larasati Putri Ayuningtyas
Bagikan

Ramadhan pasti terasa nikmat jika kita berkumpul bersama keluarga. Mulai Sahur, berbuka hingga tarawih, jika dilakukan bersama dengan keluarga pasti akan membuat ibadah ramadhan semakin syahdu.

Sayangnya tidak semua orang bisa melewatkan ramadhan bersama keluarga, terutama buat orang yang harus bekerja di rantau jauh dari keluarga. Teman-lah yang akan menjadi pengganti keluarga.

Itulah yang harus dijalani Intan Dzikria, Mahasiswa S2 National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Di negara yang mendapat julukan “negeri sunyi’ itu, Intan menimba ilmu di jurusan Information Management atas beasiswa yang diperolehnya.

”Puasa disini bersama teman-teman, kita jalanani saja. Apalagi saat ini lagi summer otomatis waktu siang lebih lama dari pada malam hari. Ditambah lagi penduduk yang mayoritas non muslim, otomatis banyak orang makan di jalan, kantin nggak tutup. Apalagi kalau cowok, pasti lebih gede godaannya, disini baju ceweknya pada buka-bukaan gitu, hehehe,” cerita Intan.

Melaksanakan puasa di negara yang mayoritas bukan muslim, membuat kita harus berusaha “ekstra”. Mulai dari memastikan makanan itu halal sampai sulitnya mencari masjid. Namun usaha ekstra itu pasti akan terasa lebih ringan karena ada teman-teman sesama muslim di kampus Intan selalu kompak.

Mahasiswa muslim di NTUST membuat perkumpulan bernama NTUST-IMSA (International Muslim Student Association). Di sinilah kegiatan mahasiswa muslim berpusat. “NTUST IMSA ini ada sekitar tahun 2011. Ada teman-teman yang inisiatif buat bilang ke international affairs kampus tentang mahasiswa muslim yang semakin banyak dan nggak ada mushola,” kata Intan.

“Perjuangan Musholla” kini menyebar sampai ke kegiatan-kegiatan keagamaan lain untuk mahasiswa muslim NTUST. Tak terkecuali saat ramadhan ada kegiatan piket sahur hingga belajar bahasa arab yang diadakan oleh NTUST-IMSA.

“Piket sahur ini sistemnya, bergantian menyiapkan sahur untuk teman-teman lainnya. Nanti ada jadwalnya. Kita memasak bersama, seru!. Nanti juga makan bareng. Kita biasanya sahur jam 02.00 pagi. Soalnya jam 03.28 itu sudah imsyak.” kata perempuan berusia 24 tahun ini.

Selesai santap sahur, dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah. Setelah itu, sesi belajar bahasa Arab dimulai.

Kampus NTUST-IMSA menjadi opsi mahasiswa yang ingin sholat tarawih berjamaah. “Di sini masjidnya jauh, alhamdulillah kami bisa sholat di kampus,” kata Alumni Teknik Informatika ITS ini.

Kedepannya, NTUST-IMSA juga akan berencana akan memiliki program Qur’an Study.

Demikian kawan, kisah Intan dan kawan-kawan mahasiswa di NTUST Taiwan yang menunjukkan cermin kebersamaan dalam Islam. Semoga moment ramadhan sekaligus menjadi ladang syiar bagi mahasiswa muslim yang berada di negeri sebarang. (ras/edy)

Teks foto:
-Suasana piket sahur di NTUST
Foto: Dokumentasi NTUST – IMSA

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs