Kamis, 9 April 2020

Benzema Bawa Madrid Tekuk Munchen 1-0

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Karim Benzema mencetak gol tunggal kemenangan Real Madrid 1-0 atas juara bertahan Bayern Munchen pada leg pertama semifinal Liga Champions yang digelar di Santiago Bernabeu, Kamis (24/4/2014) dini hari ini.

Seperti dikutip dari Antara, kendati menjadi tim tamu namun Bayern Munchen justru menguasai pertandingan sejak menit pertama dengan sepakan keras Robben nyaris merobek gawang Madrid pada menit 14, beruntung masih bisa dibendung barisan pertahanan Madrid.

Setelah terjebak offside menit sebelumnya, Benzema mencetak gol pada menit 19 dari serangan balik yang dibangun bek Madrid asal Portugal, Coentrao. Ia menggiring bola dari sisi kiri dan mengumpan kepada Benzema yang berdiri tanpa pengawalan di mulut gawang Munchen.

Semenit kemudian, Ronaldo berdiri bebas di mulut gawang Manuel Neuer untuk nyaris menggandakan keunggulan Madrid, namun sayang sepakannya melambung tinggi. Menit 23 giliran Angel Di Maria melepaskan sepakan keras dari sudut sempit namun masih digagalkan Manuel Neuer.

Menit 25, Dante nyaris mencetak gol balasan dari tendangan sudut Robben, namun Casillas berhasil menghalaunya. Semenit kemudian, serangan balik Madrid yang dirancang Luca Modric nyaris berbuah gol, sayang sepakan Ronaldo melambung.

Menit 40, Di Maria kembali merepotkan pertahanan Munchen dari dalam kotak penalti namun gagal berbuah gol karena bola justru melambung dan babak pertama pun berakhir 1-0 untuk Madrid.

Pada babak kedua Munchen terus mendominasi lapangan dan pada menit 55 Ribery hampir mencetak gol penyama kedudukan, sayang berhasil ditepis Casillas. Tiga menit kemudian Casillas kembali menyelamatkan gawang Madrid dari sepakan keras Kroos.

Sepuluh menit kemudian Ronaldo nyaris menggandakan skor Madrid namun bola yang mengarah ke sudut kanan gawang Munchen berhasil ditepis Neuer.

Menit 70 Robben kembali merepotkan barisan pertahanan Madrid, namun Sergio Ramos berhasil memblok tendangan pemain sayap asal Belanda ini. Tiga menit kemudian Madrid mengganti dua pemain, Pepe digantikan Varane, dan Ronaldo digantikan Bale.

Dalam kondisi masih tertinggal, Munchen mengganti gelandang Schweinsteiger dan memasukan penyerang Thomas Muller.

Pada 15 menit akhir laga, tempo pertandingan justru menurun. Munchen tetap mendominasi penguasaan bola di lini tengah sementara Madrid terlihat menunggu celah serangan balik.

Menit 84 Casillas sukses menggagalkan peluang emas Gotze dari dalam kotak penalti dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Munchen.

Pada menit akhir laga, Muller nyaris membuat pendukung tuan rumah terdiam namun sepakannya berhasil dihalau Xabi Alonso. Muller dan para pemain Munchen melihat ini pelanggaran tapi wasit jalan terus.

Hingga wasit Howard Webb mengakhiri laga, skor 1-0 kemenangan tuan rumah Madrid tidak berubah.

Uefa.com mencatat Bayern Munchen menguasai 64 persen penguasaan bola, melepaskan 15 tendangan sudut dan 15 tembakan ke gawang Madrid.

Skor 1-0 membuat kedua tim masih berpeluang lolos ke final yang akan ditentukan pada leg kedua yang digelar pekan depan di Allianz Arena, kandang Bayern Munchen.

Susunan pemain:
Real Madrid (4-3-3): Casillas (penjaga gawang), Coentrao, Pepe (Varane 73′), Ramos, Carvajal, Di Maria, Alonso, Modric, Isco (Illarramendi 82′), Ronaldo (Bale 73′), Benzema

Bayern Munchen (4-1-4-1) : Neuer (penjaga gawang), Rafinha (Javi Martinez 66′), Boateng, Dante, Alaba, Lahm, Robben, Ribery (Gotze 72′), Kroos, Schweinsteiger (Muller 75′), Mandzukic. (ant/dwi)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Kamis, 9 April 2020
26o
Kurs