Minggu, 5 Mei 2024

Di ISL, Arema dan Persebaya Tidak Satu Grup

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Dua klub asal Jawa Timur yang selama ini penuh dengan rivalitas yaitu Arema Indonesia Malang dan Persebaya Surabaya dipastikan tidak berada dalam satu grup pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013/2014.

Berdasarkan hasil pembagian grup yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia selaku operator ISL di Jakarta, Jumat, klub kebanggaan warga Malang Raya itu berada di Grup Barat, sedangkan klub kebanggaan arek Suroboyo itu berada di Grup Timur.

“Pembagian wilayah tidak didasarkan antara rivalitas klub. Pembagian wilayah ini sudah melalui beberapa pertimbangan meliputi aspek geografis, level kompetisi dalam satu grup hingga efisiensi pembiayaan,” kata Joko Driyono CEO PT Liga Indonesia.

Menurut dia, meski selama ini sering terjadi revalitas terutama dikalangan suporter kedua klub, namun pihaknya menegaskan jika pemisahan sudah sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Bahkan, kedua klub ini tetap berpeluang bertemu pada kompetisi tertinggi di Tanah Air itu.

“Arema dan Persebaya bisa saja bertemu di babak delapan besar, jika keduanya sama-sama lolos,” kata Joko menegaskan.

Pria yang juga Sekjen PSSI itu menegaskan, berdasarkan hasil pembagian yang dilakukan, ada satu klub yang secara geografis berada diwilayah barat yaitu Persiba Bantul harus ikut di Grup Timur. Hal ini terjadi karena ada klub dari wilayah timur yaitu Persiram Raja Ampat menggunakan Stadion Maguwoharjo Sleman.

Begitu juga dengan klub yang berasal dari Pulau Kalimantan yang secara geografis masuk Grup Timur. Dari empat klub yang ada satu diantaranya yaitu Barito Putra harus masuk di Grup Barat. Sedangkan tiga klub lain yaitu Mitra Kukar, Persisam Samarinda dan Persiba Balikpapan.

“Untuk level kompetisi kami punya metode kualitatif dalam mengukur skor masing-masing wilayah. Di Barat, jumlah skor mencapai 84. Sedangkan Timur skornya adalah 87. Dengan kondisi ini kompetisi akan menjadi seimbang,” kata pria asal Ngawi Jawa Timur itu seperti dilansir Antara.

Khusus untuk Jawa Timur, jumlah klub terbagi rata baik di Grup Barat maupun Timur. Untuk barat selain Arema Indonesia juga isi oleh Gresik United dan Persik Kediri. Sedangkan Timur selain Persebaya diisi oleh Persela Lamongan, Persiba Bantul dan Persepam Madura United.

Berikut daftar lengkap klub Grub Barat ISL 2013/2014 : Arema Indonesia, Gresik United, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persik Kediri, Persijap Jepara, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya dan Barito Putera.

Untuk Grup Timur dihuni oleh Persipura Jayapura, Perseru Serui, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persiram Raja Ampat, Persiba Bantul, Persela Lamongan, Persepam Madura United, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan dan PSM Makassar.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs