Minggu, 19 Mei 2024

Dortmund Melaju ke Babak 16 Besar Liga Champions

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Borrusia Dortmund memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions Eropa, setelah menggilas Galatasaray 4-1 di Stadion Signal Iduna Park dalam laga lanjutan Grup D Liga Champions, Rabu (5/11/2014) dini hari WIB.

Gol kemenangan Dortmund dicetak oleh Reus (39′), Papastathopoulos (54′), Immobile (73′), dan gol bunuh diri Kaya (84′). Sedangkan satu gol balasan Galatasaray, dicetak Balta di menit 69.

Dortmund bermain tanpa Mats Hummels yang mendapatkan cedera ankle saat melawan Munich akhir pekan lalu, Hummels digantikan oleh Neven Subotic pada starting line up.

Babak pertama dimulai, Galatasaray langsung menggebrak, Camdal mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan Sneijder yang menerimanya dengan melakukan tendangan akrobatik, tetapi bola masih berhasil diselamatkan Weidenfeller.

Menit 39 Reus membuka angka untuk Dortmund. Piszczek berlari dari kiri ke kanan dan memberi umpan di belakang Kaya. Kemudian Reus mengambil umpan itu dan menceploskan ke gawang Muslera.

Memasuki babak kedua, Galatasaray berusaha menyamakan kedudukan, menit 48 Sniejder kembali mengancam gawang Dortmund, tapi sayang tendangan Sniejder melebar.

Enam menit kemudian Sokratis Papastathopoulos menggandakan keunggulan Dortmund, setelah berhasil memaksimalkan asist dari Sebastian Kehl.

Pada menit 69 Hakan Balta memperkecil jarak untuk Galatasaray. Itu berawal dari kesalahan Sneijder menendang bola ke dekat gawang dan Balta yang lolos dari Piszczek merobek jala Weidenfeller.

Setelah itu, Klopp menarik Reus dan menggantikannya dengan Immobile.

Tak butuh waktu lama Immobile mencetak gol ketiga untuk Dortmund. Berawal dari serangan balik Dortmund. Aubameyang kemudian memberikan bola kepada pemain Italia itu yang akhirnya dengan tenang dapat menaklukkan Muslera, di menit 73.

Menjelang pertandingan berakhir pemain Galatasay, Semih Kaya mencetak gol bunuh diri menit 84. Gol tersebut menjadi gol penutup laga dengan keunggulan 4-1 oleh Dortmund.

Dortmund menguasai 55 persen penguasaan bola, sementara Galatasaray 45 persen. Dengan tendangan ke gawang empat berbandingan dua untuk keunggulan Dortmund

Dengan hasil nini, membuat Dortmund menyapu bersih empat laga Liga Champions dan berhasil lolos dari Grup D dengan dua pertandingan sisa.

Berikut susunan pemain seperti dilansir di Antara.

Borussia Dortmund: Weidenfeller, Subotić, Papastathopoulos, Piszczek, Durm, Kehl, Bender, Kagawa (Gundogan), Reus, Mkhitaryan, Aubameyang
Pelatih: Jurgen Klopp

Galatasaray: Muslera, Chedjou, Balta, Kaya, Camdal, Felipe Melo, Altıntop, Dzemaili, İnan, Sneijder, Bulut
Pelatih: Cesare Prandelli (ant/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs