Selasa, 31 Maret 2020

Hajar Munchen 4-0, Madrid ke Final Liga Champions

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Real Madrid selangkah lagi merebut trofi Eropa kesepuluh kalinya dan yang pertama sejak 12 tahun lalu, setelah di semifinal menumbangkan juara bertahan Bayern Munchen dengan skor meyakinkan 4-0 (agregat 5-0) pada laga leg kedua semifinal kedua tim di Stadion Allianz Arena Rabu (30/4/2014) dini hari WIB ini.

Dua dari tiga gol Munchen itu diciptakan oleh bek Sergio Ramos yang meskipun telah memenangi berbagai gelar domestik dan internasional, belum pernah sekalipun mengangkat trofi juara Liga Champions.  Dua gol lainnya diciptakan Cristiano Ronaldo.

Mendominasi penguasaan bola sejak menit pertama namun bermain kalah efisien dan efektif dibandingkan dengan lawannya, Bayern mulai kebobolan pada menit 16 ketika sepak pojok Luka Modric meluncur ke depan gawang Bayern untuk disambut Sergio Ramos yang melepaskan tandukan keras melewati kiper Manuel Neuer.

Empat menit setelah gol, Ramos menciptakan gol keduanya memanfaatkan tendangan bebas Angel Di Maria dengan terbang menjatuhkan diri untuk menanduk gol masuk ke gawang Bayern.

Pada menit 34, giliran Cristiano Ronaldo menciptakan gol setelah Angel Di Maria membawa bola dari sektor kiri pertahanan Bayern, lalu diteruskan kepada Gareth Bale yang berlari kencang di tengah untuk memudian meneruskan bola kepada Ronaldo yang berdiri bebas di kanan kotak penalti Bayern yang lalu melepaskan tembakan masuk ke gawang Bayern.

Ini adalah gol ke-15 Ronaldo pada Liga Champions musim ini atau rekor baru gol di Liga Champions, 15 gol dalam satu musim.

Ronaldo hampir menciptakan gol-16 pada menit 37 namun tendangannya melenceng dari tiang gawang padahal Neuer sudah mati langkah.  Sampai babak pertama ini kedudukan tak berubah 3-0 untuk tim tamu Madrid.

Memasuki babak kedua, Bayern tetap mendominasi penguasaan bola dan berupaya menciptakan gol.  Pada menit 57 Robben nyaris menciptakan gol namun tendangannya melebar dari gawang Casillas.  Tiga menit kemudian sebuah upaya dari Franck Ribéry kembali dijinakkan Casillas.

Kiper timnas Spanyol ini kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit 64 ketika dengan mudah menangkap tembakan Toni Kroos.

Madrid sendiri tetap memberikan ancaman, diantaranya pada menit 69 ketika Ronaldo yang menyambut umpan Angel Di María melepaskan sundulan namun berada di atas gawang Bayern.

Pada menit 76 Mario Gotze yang turun menggantikan Ribery menciptakan peluang bagus namun tendangan volley dari sudut sempit menyambut umpan Robben hanya mengarah ke atas gawang Real.  Semenit kemudian Alaba mencoba peruntungannya bagi Bayern namun sekali lagi tendangan ini pun hanya melintas di atas gawang.

Madrid mengakhiri petualangan cemerlangnya di kandang Bayern Munchen dengan satu gol lagi pada menit 90 dari kaki Cristiano Ronaldo.

Menyusul pelanggaran Toni Kroos terhadap Ronaldo, sebuah tendangan bebas menyusur tanah dilepaskan pemain Portugal ini melewati barisan pertahanan Munchen untuk masuk ke gawang. Ini adalah ke-16 Ronaldo selama Liga Champions musim ini.

Dilansir Antara, statistik UEFA.com menunjukkan, kedua tim hampir sama menciptakan peluang gol. Munchen menciptakan 10 peluang yang tujuh diantaranya on target, sedangkan Real menciptakan sembilan peluang yang enam diantaranya on target.

Ini adalah kemenangan keduabelas Madrid dalam 22 pertemuannya dengan Munchen di Liga Champions (dulu Piala Eropa), dan semifinal keduanya yang dimenangi El Real dalam lima semifinal turneman Eropa sejak 1976.

Susunan pemain:
Bayern Munchen: Manuel Neuer, Dante, Jerome Boateng, Philipp Lahm, David Alaba, Franck Ribery (Mario Gotze), Arjen Robben, Thomas Muller (Claudio Pizarro), Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mario Mandzukic (Javi Martinez)

Real Madrid: Iker Casillas, Pepe, Sergio Ramos (Raphael Varane), Fabio Coentrao, Daniel Carvajal, Gareth Bale, Xabi Alonso, Luka Modric, Angel Di Maria (Casemiro), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Isco).(ant/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs