Selasa, 30 April 2024

Indonesia Ditahan Imbang Australia di babak Pertama

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Timnas Indonesia U-19 yang dituntut meraih kemenangan ditahan imbang Australia, 0-0 pada pertandingan babak pertama Grup B Piala Asia U-19 di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar, Minggu (12/10/2014).

Bagi anak asuh Indra Sjafri kemenangan atas Australia adalah harga mati guna membuka peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Apalagi, di pertandingan perdana harus menyerah dari Uzbekistan, 1-3.

Seperti dilansir dari Antara, Timnas Garuda Jaya yang dituntut menang bermain dengan agresif. Pemain bola-bola pendek yang dipadukan dengan kecepatan terus dilakukan oleh Evan Dimas dan kawan-kawan. Hasilnya tekananya yang dilakukan mampu menekan pertahanan Australia.

Masuknya Paulo Sitanggang di lini tengah membuat lini tengah timnas lebih berwarna. Didukung oleh sang kapten Evan Dimas, aliran bola kelini depan yang diisi Dinan Javier lebih variatif meski sentuhannya belum mampu membuahkan hasil.

Sang lawan yang memiliki banyak keunggulan sebenarnya juga memberikan perlawanan yang tidak kalah sengitnya. Seperti yang terjadi menit 18. Berawal dari tendangan sudut, gawang Ravi Murdianto nyaris bobol. Beruntung bola sundulan pemain Australia bisa dibuang keluar lapangan.

Indonesia bukan tanpa peluang. Lewat serangan yang terkoordinasi dengan baik, Ilham Udin mendapatkan peluang pada menit ke-26. Hanya saja bola yang dibawa mampu diserobot oleh pemain belakang Australia. Peluangpun masih sirna.

Terus mendapatkan tekanan, anak asuh Paul Okon tidak tinggal diam. Lewat serangan balik yang cepat, Jaushua Sotirio nyaris membawa timnya unggul pada menit ke-29. Namun, Ravi Murdianto mampu mematahkan upaya yang dilakukan pemain dengan nomor punggung 21 itu.

Ravi Murdianto yang pada pertandingan pertama melawan absen bisa dikatakan bermain cukup cemerlang. Serangan demi serangan yang dilakukan oleh pemain Australia mampu dipatahkan sehingga membuat gawangnya tetap aman.

Timnas Garuda Jaya yang bermain lebih tenang membuat pola serangan dibangun lebih terarah. Kombinasi antara Paulo Sitanggang, Evan Dimas, dan Muchlis Hadi sering merepotkan pertahanan Australia. Hanya saja upaya membuat gol selalu dapat dipatahkan lawan.

Menjelang akhir babak pertama, kedua tim terus melakukan jual beli serangan. Bahkan Indonesia terlihat lebih dominan saat melakukan tekanan ke arah gawang. Hanya saja hingga pertandingan babak pertama usai tidak ada gol yang tercipta.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19: Ravi Murdianto (pg), Putu Gede Juni Antara, Muhammad Fachu Rochman, Hansamu Yama dan Muhammad Sahrul Kurniawan, Paulo Sitanggang, Evan Dimas dan Muhammad Hargianto, Dinan Javier dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Sedangkan Timnas Australia U-19: Jordan Thurtell (pg), Shayne DCunha, Cameron Burgess, Scot Galloway, Christopher Gligor, Shannon Brady, Brandon Borrello, Daniel De Silva, Riley Paul Woodcock, Brown Jordan Alan, dan Jaushua Sotirio. (ant/wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs