Senin, 6 Mei 2024

Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Indonesia akan menjadi tim tuan rumah dalam Asian Games yang akan diselenggarakan pada tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut dipastikan setelah Badan Eksekutif Dewan Olimpiade (OCA) menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah dalam olimpiade tersebut pada, Jumat (19/9/2014).

Pesta olahraga antarbangsa Asia itu sempat mengalami masalah tempat penyelenggaraan setelah Vietnam yang sebelumnya ditunjuk ternyata mengundurkan diri karena masalah dana.

“Hari ini badan eksekutif telah menyetujui tahun 2018 nanti Asian Games akan berlangsung di Jakarta, Indonesia,” kata Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah Presiden OCA, seperti dilansir Antara.

Selanjutnya sidang pleno OCA akan berlangsung Sabtu besok yang agendanya juga akan mengesahkan penunjukan tersebut.

Namun Sheikh Ahmad menegaskan pertemuan khusus OCA sebelumnya telah memberikan dia wewenang untuk memutuskan dan menemukan tuan rumah pengganti Vietnam.

Semula Vietnam mendapat hak sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2019, namun mengundurkan dari karena krisis ekonomi. Indonesia pun menjadi favorit sebagai pengganti, sementara kandidat lainnya dianggap kurang serius.

Sebenarnya OCA menjadwalkan event itu diadakan di tahun 2019 untuk menghindari benturan dengan Olimpiade musim dingin. Olimpiade Musim dingin akan berlangsung di Korea Selatan tahun 2018 dan Olimpiade Musim Panas di Tokyo tahun 2020.

Namun pihak Indonesia menyampaikan kepada OCA bahwa jika menjadi tuan rumah Asia Games, maka waktu penyelenggaraannya harus setahun lebih awal dari jadwal semula, yakni tahun 2018, karena tahun 2019 ada pemilihan presiden.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs