Kamis, 2 Mei 2024

Kelelahan Mental Sebab Kekalahan Spanyol

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Seiring dengan pulangnya beberapa tim besar seperti Spanyol, Australia dan Inggris di babak penyisihan piala dunia 2014, semakin menunjukkan bahwa di dunia sepak bola tidak ada jaminan kemenangan meski dalam sebuah tim tersebut bertabur pemain bintang.

Verrel Raymond Hatu, Pengamat Sepakbola mengatakan sepak bola itu banyak kejutan didalamnya. Siapapun di dunia ini tidak ada yang bisa menjamin kemenangan sebuah tim, meski itu tim besar. “Banyaknya pemain bintang itu lebih dilihat sebagai potensi kemungkinan untuk menang, bukan jaminan kemenangan,” kata dia.

Terkait faktor penyebab kekalahan tim besar seperti Spanyol, Verrel memaparkan bahwa itu karena kelelahan mental yang dialami para pemainnya.

“Kebetulan Spanyol, kedua timnya Real Madrid dan Atletico Madrid main di Final Liga Champion. Mayoritas pemain timnas berasal dari kedua tim tersebut. Dengan banyaknya kompetisi yang ketat jadwalnya, akhirnya mereka mengalami kelelahan mental dan berimbas pada pertandingan di piala dunia,” jelasnya.

Menurutnya, hal serupa juga pernah dialami oleh Perancis pada piala dunia 2002. Para pemain yang memperkuat timnas kala itu juga bermain di kompetisi final liga champion.

Sementara itu, terkait faktor lain yang dibahas dibeberapa artikel internet seperti gagal beradaptasi di Benua Amerika Selatan. Menurut Verel setiap negara pasti mempunyai tim yang akan membantu para pemain di timnas untuk bisa beradaptasi, berlatih dan memprediksi kemungkinan yang terjadi. “Itu bukan alasan. Belanda juga bisa tampil baik meski beda benua. Soal adaptasi itu pasti sudah dipikirkan matang oleh para tim,” jelasnya. (ain/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs