Sabtu, 20 April 2024

Max Verstappen Jadi Pembalap Formula 1 Termuda

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Max Verstappen akan menjadi pembalap Formula 1 termuda setelah tim Toro Rosso memastikan remaja berusia 16 tahun itu bakal bergabung pada musim balap mendatang.

Remaja asal Belanda itu diplot untuk menggantikan pembalap Prancis, Jean-Eric Vergne.

Verstappen, yang akan berusia 17 tahun bulan depan, saat ini ia masih berkiprah pada ajang Formula Tiga.

Di Toro Rosso, Vertstappen akan didampingi Daniil Kvyat, remaja berusia 19 tahun yang menjadi pembalap termuda yang meraih angka kejuaraan pada Maret lalu tatkala menempati peringkat 9 dalam Grand Prix Australia.

“Sejak saya berusia tujuh tahun, Formula 1 adalah tujuan karier saya. Jadi, kesempatan ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Verstappen, seperti yang dilansir BBC, Selasa (19/8/2014).

Sebelum Verstappen, rekor pembalap F1 termuda dipegang Jaime Alguersuari. Saat membalap untuk Toro Rosso pada 2009, Alguersuari berumur 19 tahun dan 125 hari.

Max Verstappen, yang merupakan anak mantan pembalap F1, Jos Verstappen, diyakini bakal memiliki masa depan cerah seperti juara dunia empat kali Sebastian Vettel yang pernah membela tim junior Red Bull.

Prestasi Verstappen, antara lain, memenangi Kejuaraan Dunia KZ 2013 dan finis pertama dalam kejuaraan F3 musim ini.

Kini, dalam peringkat umum F3, Verstappen berada pada peringkat kedua setelah Esteban Ocon.

“Kami semua bekerja luar biasa keras untuk mencapai Formula 1. Dengan kembalinya nama Verstappen pada ajang F1, saya berharap kami dapat membangkitkan kenangan lama dan saya berharap melihat banyak pendukung di sirkuit-sirkuit,” kata Verstappen.(bbc/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs