Rabu, 24 April 2024
Perempat Final Liga Champions

Prediksi Manchester United Vs Bayern Muenchen

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Manchester United harus menghadapi Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions. Leg pertama digelar di Old Trafford pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Bicara soal harapan, pernyataan salah satu punggawa senior Manchester United, Ryan Giggs benar-benar tepat sasaran. Pemain gaek itu tidak ingin pasukan Manchester United terkena sindroma “underdogs” mengingat Bayer Muenchen bertengger sebagai juara bertahan Liga Champions musim lalu.

Harapan yang membuncah tidak harus melempem dengan rasa kurang percaya diri apalagi bersikap dan berlaku seperti layaknya “underdogs”, begitu kata pelatih merangkap pemain, Giggs sebagaimana dikutip dari situs Four-four two, seperti dilansir Antara.

Paling tidak, pasukan asuhan pelatih David Moyes menebar asa setelah Wayne Rooney dan kawan-kawan menang 4-1 atas Aston Villa di ajang Premier League dalam laga yang diadakan pada Sabtu (29/3).

Muenchen juga tidak ingin kalah angin. Arjen Robben dan kawan-kawan mendulang sukses dengan menggondol gelar Bundesliga musim ini setelah mengalahkan Hertha Berlin 3-1 pada Selasa (25/3).

Sukses sebagai juara Bundesliga dapat memotivasi penampilan seluruh personel Muenchen agar lebih memfokuskan diri kepada Liga Champions.

Giggs yang kini berusia 40 tahun itu menegaskan bahwa seluruh pasukan United harus sungguh-sungguh yakin percaya bahwa mereka dapat memenangi setiap kompetisi, termasuk Liga Champions.

“Tentu saja, hal itu mungkin,” kata gelandang itu. “Anda perlu tampil bermain sebaik mungkin, dengan sokongan sedikit keberuntungan,” katanya juga.

Giggs tidak menampik bahwa laga melawan juara Bundesliga itu bakal berlangsung “ketat”, meski ia menambahkan, “Kami tetap percaya diri.”

Apakah kepercayaan diri itu beralasan? United kini berada di peringkat ketujuh klasemen Premier League, dan perlu berjuang ekstra keras agar dapat lolos ke kualifikasi Liga Champions musim depan.

Bek kanan Patrice Evra terkena suspensi sementara posisinya akan digantikan Alexander Buttner yang masih diliputi tanda tanya juga mengingat ia masih belum pulih benar dari cedera hamstring.

Sederet pemain Manchester United yang masih dibekap cedera, yakni Van Persie (cedera lutut), J. Evans (cedera betis), Rafael (cedera otot), Smalling (cedera hamstring), Valencia (cedera lutut).

Mengenai kondisi timnya itu, Moyes angkat bicara. “Kami tidak bakal tampil bertahanan, meski melakukan satu atau dua perubahan. Saya benar-benar tertantang manakala menghadapi Pep Guardiola. Ini kali pertama, dan saya tidak ragu bahwa kesempatan ini bakal terjadi di masa depan.”

Sementara itu, di kubu Muenchen, Thiago Alcantara bakal absen enam pekan setelah mengalami cedera ligamen ketika bermain imbang 3-3 melawan Hoffenheim pada Sabtu lalu.

Pelatih Guardiola mengatakan, “Itu berita buruk. Kami masih memerlukan peran dia.”

Alcantara belakangan ini disebut-sebut bakal hengkang ke Manchester United. Sebelumnya ia bergabung bersama Bayern Muenchen dari Barcelona.

Data dan fakta kedua tim:
* Bayern mengunjungi Old Trafford sebanyak empat kali dengan catatan menang sekali, dua kali imbang dan sekali kalah. Dua kali imbang terjadi pada babak penyisihan grup tahun 1998/1999 (1-1) dan pada 2001/2002 di babak kedua (0-0).
* Catatan Bayern ketika menjalani laga tandang melawan tim-tim asal Inggris, adalah lima kali menang, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah. Jumlah keseluruhan 16 kali menang, 15 kali imbang, 12 kali kalah.
* Bayern mulai berbicara lantang di ajang Eropa sejak mengalahkan Chelsea di Piala Super UFA. Mereka menang 5-4 lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2. Gol dicetak oleh Ribery dan Javi Martinez.
* Guardiola semasa masih melatih Barcelona pernah menghadapi United di ajang Liga Champions pada 2009 (2-0 di Roma) dan (3-1 di Wembley). Ia juga pernah mengangkat trofi ketika masih sebagai pemain di Wembley saat Barcelona menundukkan Sampdoria pada 1992.
* Moyes punya pengalaman bertanding melawan klub asal Bundesliga ketika melakoni babak penyisihan grup Piala UEFA pada 2007/2008. Ketika itu, ia masih melatih Everton dan mampu menang 2-0 melawan FC Nuernberg.
* Thomas Mueller semasa membela timnas Jerman menang 4-1 melawan Inggris dalam babak 16 besar Piala Dunia 2010. Manuel Neuer, Philipp Lahm, Jérôme Boateng dan Bastian Schweinsteiger juga memperkuat timnas Jerman.
* Boateng, Toni Kroos dan Mario Goetze juga membawa Jerman menang 1-0 melawan Inggris di Wembley pada November lalu. Rooney, Chris Smalling dan Tom Cleverley juga memperkuat Inggris.
* Shinji Kagawa pernah mencetak gol pembuka di menit ketiga ketika masih berkostum Dortmund di final Piala Jerman 2012.
* Ketika masih membela Chelsea, Robben menang tiga kali dan imbang sekali dalam empat laga melawan United, termasuk menang di final Piala FA pada 2007.
* Sebagai pemain Manchester City pada 2010/2011, Boateng bermain imbang tanpa gol ketika menjalani laga derbi melawan United.
* De Gea pernah bermain bareng dengan Thiago Alcantara sama-sama membela timnas Spanyol U-21 pada 2011 dan 2013. Martinez juga rekan De Gea pada 2011.

Komentar dua pelatih:

David Moyes (Manchester United):
“Bayern tampil sangat baik tahun lalu. Mereka memenangi Liga Champions dan punya tim yang tampil cemerlang. Mereka membuktikannya kembali di musim ini.”

“Mereka punya manajer anyar dan saya mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka menjadi juara Bundesliga.”

“Saya berpikir bahwa kedua tim sama-sama berada dalam tekanan. Kami ingin memenangi laga ini sebagaimana diharapkan oleh Bayern. Kami harus menunjukkan bahwa saya menaruh kepercayaan penuh kepada seluruh pemain.”

“Kami ingin benar-benar yakin bahwa kami mampu tampil baik. Kami ingin terus tampil meningkat. Ada sejumlah tanda bahwa kami mampu bangkit. Buktinya, kami memperoleh hasil yang baik, dengan begitu kami ingin terus meningkatkannya. Ini saatnya kami mengubah dan membuat sejarah bagi United.”

Joseph Guardiola (Bayern Muenchen):
“Kini kami menghadapi Manchester United dan mereka merupakan salah satu tim terbaik di dunia, tentu dengan mengenyampingkan situasi belakangan ini.”

“Kita perlu melihat ke belakang, 10 sampai 15 tahun lalu ketika mereka diasuh oleh Sir Alex (Ferguson). Mereka masih memiliki segudang pemain hebat. Ini sungguh kehormatan bagi saya dapat berada di sini di Manchester. Kali terakhir saya di sini, kira-kira 20 tahun lalu (ketika itu bermain imbang 2-2 pada 1994). Saya berharap kami menampilkan permainan terbaik.”

“Ada delapan tim yang kini berada di babak perempat-final dan ada delapan pelatih. Setiap pemain ingin memenangi gelar ini.”

“Bagi saya, laga ini sungguh prestisius. Kami tahu bagaimana pentingnya laga ini bagi klub, pemain, pelatih, karena mereka berkompetisi dan coba meraih kemenangan. Ini sungguh tidak selalu mudah, dan Bayern akan mencoba mewujudkannya”

“Saya tahu persis (Manchester United), tim yang bakal kami hadapi. Mungkin mereka kini kurang bersinar di ajang Premier League, tetapi mereka mampu mengalahkan Leverkusen (5-0) di ajang Liga Champions. Saya tahu banyak pemain dari mereka, sebut saja [Wayne] Rooney, [Rio] Ferdinand, [Nemanja] Vidić, Ryan Giggs, Chicharito [Javier Hernández], dan [Danny] Welbeck.”

Prakiraan susunan pemain:
Manchester United (4-2-3-1):
Dea Gea (penjaga gawang), Buttner, Jones, Vidic, Rafael, Fellaini, Carrick, Januzaj, Kagawa, Welbeck, Rooney
Pemain cadangan:
Amos, Smalling, Giggs, Nani, Young, Fletcher, Hernandez

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Rafinha, Boateng, Martinez, Alaba, Lahm, Schweinsteiger, Robben, Mueller, Ribery, Mandzukic
Pemain cadangan:
Starke, Van Buyten, Contento, Kroos, Goetze, Shaqiri, Pizarro

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester United 0-4 FC Bayern Muenchen (13,27 persen)
* Manchester United 2-0 FC Bayern Muenchen (12,95 persen)
* Manchester United 2-1 FC Bayern Muenchen (12,19 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
7 Apr 2010 Manchester United 3 – FC Bayern Muenchen 2
30 Mar 2010 FC Bayern Muenchen 2 – Manchester United 1

Club Friendlies (FRC)
30 Jul 2009 FC Bayern Muenchen 7 – Manchester United 6

Lima laga terakhir:

Manchester United
29 Mar 2014 Manchester United 4 – Aston Villa 1 EPL
25 Mar 2014 Manchester United 0 – Manchester City 3 EPL
22 Mar 2014 West Ham 0 – Manchester United 2 EPL
19 Mar 2014 Manchester United 3 – Olympiakos 0 UCL
16 Mar 2014 Manchester United 0 – Liverpool 3 EPL

FC Bayern Muenchen
29 Mar 2014 FC Bayern Menchen 3 – TSG 1899 Hoffenheim 3 BUN
25 Mar 2014 Hertha BSC 1 – FC Bayern Muenchen 3 BUN
22 Mar 2014 1. FSV Mainz 05 0 – FC Bayern Muenchen 2 BUN
15 Mar 2014 FC Bayern Muenchen 2 – Bayer Leverkusen 1 BUN
11 Mar 2014 FC Bayern Muenchen 1 – Arsenal FC 1 UCL

Narasi atas prediksi:
* Laga ini bakal menyajikan laga berkelas, karena masing-masing tim punya daya pikat dalam menggelontorkan serangan.
* Skuad asuhan Moyes bakal memanfaatkan kesempatan dengan melakukan serangan balik yang cepat ke jantung pertahanan Bayern.
* Lini pertahanan Manchester United juga tidak bisa dibilang kokoh, terlebih sejumlah pemain pilar di sektor bek masih mengalami cedera.
* Seperti biasanya, Bayern di bawah asuhan Guardiola akan berusaha menguasai lapangan tengah dengan mengandalkan variasi serangan bertubi-tubi bertumpu pada formasi 4-1-4-1. (ant/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs