Minggu, 21 April 2024

Spanduk Sang Terpilih Dicopot Usai Pemecatan Moyes

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Bukti terakhir masa kepelatihan David Moyes di Manchester United telah dicopot pada Kamis (24/4/2014), ketika spanduk “Sang Terpilih” diturunkan dari tribun Stretfort End di Old Trafford.

Seperti dikutip dari Antara, Moyes dipecat pada Selasa (22/4/2014) setelah hanya melatih United selama 10 bulan, dan pria Skotlandia itu dengan cepat dihapus dari sejarah klub, lapor AFP.

Setelah ditunjuk oleh pendahulunya Alex Ferguson untuk melatih United, Moyes mendapat julukan “Sang Terpilih” oleh para penggemar, mengacu pada julukan yang diberikan pelatih Chelsea Jose Mourinho terhadap dirinya sendiri “Si Istimewa.”

Stretfort End Flags, kelompok pengggemar yang mendekorasi tribun paling terkenal di Old Trafford dengan spanduk-spanduk berisi pujian kepada pemain, mantan pemain, dan pelatih, dibayar untuk membuat mural “Sang Terpilih,” yang ditulis dalam huruf kapital berwarna merah disertai gambar Moyes, untuk menyambut pelatih baru mereka dari Everton.

Namun hasil-hasil pertandingan begitu pahit bagi Moyes, di mana United terpuruk di Liga Utama Inggris serta tersisih lebih awal di kompetisi-kompetisi piala, sehingga sejumlah penggemar meminta spanduk itu dicopot dan terdapat laporan bahwa para pembuatnya juga berkeinginan menurunkan spanduk itu.

Pada akhirnya, spanduk itu tetap berada di sana selama Moyes melatih United, namun 48 jam setelah ia dipecat spanduk itu diturunkan menjelang pertandingan kandang melawan Norwich pada Sabtu, yang menjadi awal karir Ryan Giggs sebagai pelatih sementara, di mana ia akan menangani klub sampai akhir musim.

Stretfort End Flags mempertimbangkan untuk menyumbangkan spanduk itu ke Museum Sepak Bola Nasional di Manchester.

“Itu adalah sesuatu yang akan kami pikirkan baik-baik. Kami mungkin menawarkannya ke Museum Sepak Bola Nasional atau dilelang untuk amal,” kata Andrew Kilduff pendiri grup kepada Manchester Evening News.

“Itu menyita banyak perhatian. Namun tidak ada penyesalan terhadap hal itu. Old Trafford diisi dengan simbolisme maka tidak ada tempat bersembunyi bagi seorang pelatih.”

Namun juru bicara Museum Sepak Bola Nasional berkata kepada BBC, “Semua obyek yang menjadi koleksi kami harus sesuai dengan panduan koleksi kami yang ketat.”

“Kami ditawari obyek-obyek berbasis reguler dan, meski kami selalu senang dengan tawaran-tawaran itu, kami sering harus menolak untuk alasan (keterbatasan) ruang dan karena itu tidak sesuai dengan pedoman-pedoman kami.”

Dengan adanya ruang setelah spanduk Moyes dicopot, Stretford End Flags merencanakan mural baru yang memberi penghormatan kepada Bobby Charlton, salah satu legenda United yang saat ini masih menjadi anggota dewan direksi.

Sementara itu, pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp kembali menegaskan pada Kamis bahwa ia tidak akan menggantikan Moyes.

“Sedikit tidak nyaman untuk memberi penolakan kepada seseorang ketika tidak ada tawaran yang datang, namun sepertinya itulah yang harus saya lakukan,” kata Klopp ketika ditanyai mengenai posisi di United setelah Moyes dipecat pada Selasa.

Klopp dikontrak Dortmund sampai 2018, dan berkata bahwa meski United merupakan klub “yang benar-benar hebat,” ia masih lebih bahagia melatih timnya saat ini, “karena terdapat 1.000 alasan untuk super bahagia untuk bekerja dengan klub ini.” (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
27o
Kurs