Kamis, 16 Mei 2024
Piala AFF 2014

Tanding Hanya 10 Pemain, Indonesia Bantai Laos 5-1

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan
Evan Dimas. Foto : bolatotal.com

Hanya dengan 10 pemain Indonesia, berhasil menghajar Laos dengan skor 5-1 pada pertandingan terakhir Group A Piala AFF 2014 di Stadion Hang Day, Hanoi, Jumat (28/11/2014) malam.

Indonesia bermain dengan 10 pemain sejak menit 27, saat Supardi melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Laos di dalam kotak penalti.

Babak pertama dimulai, Indonesia yang masih berpeluang lolos ke semi final langsung menggebrak pertahanan Laos.

Delapan menit babak pertama berjalan, Evan Dimas yang diturunkan sejak awal, berhasil menaklukkan kiper Laos melalui tendangan cantik dari luar kotak penalti. Berawal dari umpan yang diberikan oleh Cristian Gonzales, Evan Dimas melepaskan tendangan jarak jauh kaki kiri ke pojok kanan atas gawang Laos.

Indonesia menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-19 lewat Ramdani Lestaluhu. Gonzales kembali memberikan assist dan proses gol hampir sama dengan gol pertama. El Locco menyodorkan bola dengan kaki kiri di dalam kotak penalti dan disambut dengan tendangan keras oleh Ramdani.

Menit 27, Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Supardi mendapatkan kartu merah karena pelanggaran kerasnya di dalam kotrak penalti. Laos yang mendapatkan hadiah penalti, tak disia-siakan oleh Sayavutth yang berhasil mengecoh I Made Wirawan dari titik putih di menit 29.

Setelah gol itu, beberapa kali terlihat berhasil mengembangkan permainan dan beberapa kali berhasil mengancam gawang Indonesia. Namun berkat penampilan gemilang I Made Wirawan yang beberapa kali berhasil mementahkan peluang Laos, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 atas Laos hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua dimulai, Indonesia yang bermain dengan 10 pemain justru mengendalikan jalannya pertandingan. Hal tersebut terbukti, saat Ramdani Lestaluhu kembali mencatatkan namanya di menit 49. Berawal dari serangan balik cepat, Evan Dimas yang menyisir lapangan dari sisi kanan pertahanan Laos, melepaskan umpan matang yang berhasil di manfaatkan oleh Ramdani menjadi menit 49.

Selang beberapa menit dari gol keduanya, Ramdani harus keluar lapangan akibat terjatuh dengan posisi yang tidak tepat saat menyundul bola. Ramdani yang keluar lapangan di gantikan oleh M.Ridwan dan disusul oleh Boaz Sollosa yang digantikan oleh Zulham Zamrun.

Mendapatkan suntikan dua pemain baru, Indonesia semakin gencar menyerang pertahanan Laos.

Zulham Zamrun yang masuk menggantikan Boaz Solossa, berhasil menambah keunggulan Indonesia di menit 81, setelah dirinya berhasil memanfaatkan umpan cantik yang dikirimkan oleh M.Ridwan dari sisi kanan lapangan.

Pada Menit 88 Indonesia kembali memperlebar keunggulan. Berawal dari serang balik cepat pemain Indonesia, Zuylham Zamrun yang membawa bola di sisi kanan pertahanan Laos, melepaskan umpan keras mendatar, bola yang hendak di halau oleh pemain belakang Laos Souksavanh, justru malah berbalik arah masuk ke gawang sendiri.

Laos bukan tanpa perlawanan, lebih unggul jumlah pemain, Laos berkali-kali berhasil membahayakan gawang Indonesia. namun berkat penampilan gemilang I Made Wirawan di bawah mistar gawang, semua peluang Laos menjadi sia-sia.

Sementara itu, pada pertandingan lainnya Filipina harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Vietnam dengan skor 3-1. Dengan hasil ini, Vietnam berhasil menemani Filipina melaju ke babak semi final sebagai pemuncak klasemen Group A. Sedangkan Indonesia berada di posisi ketiga dengan poin 4, dan Laos berada di dasar klasemen dengan poin 0.

Berikut susunan pemain seperti yang terlansir di Antara, Jumat (28/11/2014) :
Indonesia – I Made Wirawan; Zulkifli Syukur, Victor Igbonefo, Ramdani Lestaluhu (M Ridwan, 58), Evan Dimas, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir (kartu merah menit ke-27), Hariono (Firman Utina 86), Manahati Lestusen, Boas Salossa (Zulham Zamrun, 69), Cristian Gonzales.

Laos – Seng Somvang; Saynakhonevieng (Khantavong 76), Ketsada Saouksavanh, Saison Khounsamnan, Phoutdavy Phommasane, (Paseusack 60), Khonesavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Souk Aphone, Bountavy Sipasong, Vilayout Sayyabounsu (Khochalern 37), Khampeng Sayavuth. (ant/nif/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs