Selasa, 14 Mei 2024

Timnas Indonesia U-16 Tundukkan Singapura 3-1

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Timnas Indonesia U-16 sukses menundukkan Singapura, 3-1 pada pertandingan uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Tiga gol kemenangan Timnas Garuda Muda itu dicetak oleh Bayu Yudha Pratama pada menit dua dan 43′ serta satu gol lagi dicetak oleh Gunarsyah Papua Mandowen pada menit 45. Sedangkan gol balasan Singapura dicetak oleh Khairul Hairie di menit 76.

Meskipun menag, Fachri Husaini pelatih Timnas U-19 tetap memberikan catatan kepada anak asuhnya. Pasalnya, setelah mampu unggul 3-0 dibabak pertama, Indonesia tidak bisa mencetak gol pada babak kedua, padahal banyak peluang tercipta, bahkan Timnas malah kebobolan di menit 76.

“Peluang mencetak gol banyak disia-siakan. Setelah unggul 3-0 para pemain berfikir akan mudah menciptakan gol-gol berikutnya. Tapi kenyataannya berbeda,” kata Fachri Husaini seusai pertandingan, seperti yang dilansir Antara.

Menurutnya, dengan munculnya banyak peluang yang tercipta, tingkat kepercayaan diri pemain mulai meningkat dibandingkan pertandingan uji coba sebelumnya.

Timnas Garuda Muda pada pertandingan uji coba internasional keduanya sebenarnya bermain taktis sejak awal pertandingan. Terbukti, baru dua menit pertandingan berjalan, Timnas langsung bisa menciptakan gol melalui Bayu Yudha Pratama.

Mampu unggul cepat ternyata tidak membuat gol-gol berikutnya mudah dicetak. Timnas Singapura memberikan perlawanan meski upaya yang dilakukan mampu ditahan oleh pertahanan Indonesia yang dimotori oleh Imam Faudji.

Gol kedua timnas baru bisa dicetak pada menit 43, yang kembali dicetak oleh Bayu Yudha Pratama. Gol ini tercipta setelah pemain dengan nomor 11 tersebut, mampu memperdayai dua pemain belakang Singapura. Mendapatkan ruang tembak, Bayu melepaskan tendangan keras yang gagal diuhalaui oleh Muhammad Hifzhil Iman kiper Timnas Singapura U-16.

Dua menit berselang giliran Gunarsyah Papua Mandowen yang mencatat namanya dipapan skor setelah mampu meneruskan bola muntah didepan gawang Singapura. Keunggulan 3-0 menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, beberapa pergantian pemain mulai dilakukan oleh kedua tim. Kondisi ini membuat pola serangan berubah. Anak asuh Fachri Husaini bahkan beberapa kali menciptakan peluang yang seharusnya tercipta gol.

Begitu juga dengan Singapura. Anak asuh Selvaraj juga terus berusaha memperkecil ketertinggalannya. Hingga akhirnya pada menit 76, Khairul Hairie mampu melesatkan tendangan kerasnya ke gawang Indonesia dan membuat kedudukan menjadi 1-3.

“Kami tidak menyangka banyak penonton yang antusias memberikan dukungan. Pertandingan kali ini begitu rapi dan profesional selayaknya pertandingan besar. Kondisi ini membuat pemain kami gugup,” kata Selvaraj pelatih Singapura usai pertandingan.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs