Senin, 29 April 2024

Setelah Enam Tahun, Ada Duel Manajer Spanyol di El Clasico

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Luis Enrique yang telah mengarsiteki Barcelona sejak musim lalu. Foto: Reuters

Duel antara Real Madrid dan Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (21/11/2015), akan menjadi pertemuan pertama dua pelatih Spanyol di laga El Clasico dalam enam tahun terakhir.

Rafael Benitez yang baru tiba di Madrid pada musim panas lalu, akan berhadapan dengan Luis Enrique yang telah mengarsiteki Barcelona sejak musim lalu dan berhasil mempersembahkan tiga gelar sekaligus pada musim perdananya.

Uniknya, kedua pelatih itu juga kebetulan sama-sama pernah mengenakan seragam klub masing-masing ketika masih merumput di lapangan hijau.

CNN melansir, Benitez merupakan salah satu penggawa Real Madrid Castilla (tim kedua Madrid) sebelum kariernya berakhir lantaran bekapan cedera. Enrique yang juga pernah membela Madrid, merupakan pemain Barcelona sejak 1994 hingga 2004.

Tak berhenti sampai di situ, baik Benitez maupun Enrique juga ternyata telah sama-sama menangani tim junior Madrid dan Barcelona.

Benitez pernah menangani Real Madrid B pada awal kariernya di dunia kepelatihan, sedangkan karier Enrique sebagai manajer juga diawali di Barcelona B pada 2008 hingga 2011 silam.

Terakhir kali dua pelatih Spanyol saling beradu otak di pinggir lapangan pada laga El Clasico, terjadi ketika skuat Real Madrid yang diasuh Juande Ramos dipermalukan Barcelona besutan Pep Guardiola 2-6, Mei 2009 silam.

Dalam laga yang digelar di Santiago Bernabeu tersebut, dua gol Madrid yang dicetak Gonzalo Higuain dan Sergio Ramos tak cukup menghindarkan tim tuan rumah dari rasa malu, lantaran Barcelona mampu melesakkan enam gol lewat Thierry Henry (dua gol), Lionel Messi (dua gol), Carles Puyol, dan Gerard Pique.

Setelah laga tersebut, duel dua Matador di pinggir lapangan El Clasico tak lagi terjadi lantaran Madrid lebih memilih pelatih asing yaitu Manuel Pellegrini, Jose Mourinho, dan Carlo Ancelotti, sebelum kembali pada pelatih lokal dalam diri Benitez.

Berbeda, sejak Guardiola hengkang dari Barcelona, 2012 lalu, klub raksasa Katalonia itu hanya sekali beralih ke pelatih asing ketika memberikan kursi pelatih di Camp Nou kepada Gerardo Martino, yang berasal dari Argentina.(cnn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs