Jumat, 19 April 2024

Bantu Penderita Kanker, Atlet Polandia Jual Medali Olimpiade

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Piotr Malachowski atlet pelempar cakram asal Polandia, Piotr Malachowski, melelang medali perak yang dia dapatkan di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, untuk menggalang dana bantuan bagi seorang anak laki-laki yang menderita kanker langka.

“Saya berjuang di Rio untuk mendapatkan emas. Hari ini, saya meminta semua orang untuk berjuang bersama bagi sesuatu yang lebih bernilai, yaitu untuk kesehatan anak laki-laki yang mengagumkan ini,” catat Melachowski di akun Facebook-nya yang dikutip Reuters dan Antara.

Malachowski, yang juga juara dunia bertahan untuk cabang olahraha lempar cakram, mengatakan bahwa semua uang dari hasil lelang medali akan dugunakan untuk membiayai perawatan anak Polandia berusia tiga tahun bernama Olek Szymanski.

Szymanski sudah hampir dua tahun ini menderita retinoblastoma atau kanker mata yang sering menimpa anak kecil.

“Tidak mungkin menyelamatkan mata Olek di Polandia. Satu-satunya kesempatan adalah dengan terapi di Ney York,” kata Malachowski.

Sebuah yayasan Polandia bernama Siepomaga sudah berhasil mengumpulkan sepertiga dari sekitar 126.000 dolar AS (setara Rp1,66 miliar) yang dibutuhkan untuk mendanai biaya perawatan sang bocah di klinik onkologi David Abramson di New York, AMerika Serikat (AS).

Sampai pada pukul 16:10 GMT atau 23:00 WIB, Jumat, tawaran tertinggi dari lelang medali perak milik Malachowski di laman Allegro telah mencapai 6.000 dolar AS. Lelang tersebut akan berakhir pada 26 Agustus mendatang.

“Saya mengundang setiap orang untuk ikut dalam proses penawaran ini. Jika Anda membantu saya, maka medali perak milik saya mungkin akan lebih berharga bagi Olek dibanding emas,” kata Malachowski.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs