Jumat, 10 Mei 2024

Kasum TNI Tutup Lomba Menembak Piala Panglima TNI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kasum TNI memberikan piala kepada juara. Foto: Dispen Kormar

Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo secara resmi menutup kejuaraan Lomba Menembak Piala Panglima TNI tahun 2016, di Lapangan Tembak Internasional FX. Supramono Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Selasa (27/9/2016).

Sebelum upacara penutupan dimulai, Kasum TNI beserta para pejabat teras TNI terlebih dahulu melihat jalannya Final Lomba Menembak Senapan Match 13 (Falling Plate), antara Tim TNI AD dengan Tim TNI AL, yang dimenangkan oleh Tim TNI AL dan dilanjutkan penyerahan Trophy oleh Kasum TNI kepada para Juara dalam Lomba Menembak Senapan Match 13, kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan Kejuaraan Menembak Piala Panglima TNI Tahun 2016.

Dalam amanatnya, Kasum TNI mengucapkan selamat atas nama Komando kepada para Atlet yang meraih predikat Juara dan meraih prestasi meningkat dari event sebelumnya, selama kurang lebih 8 hari kalian telah berjuang untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Sedangkan kepada yang belum berhasil, bahkan mengalami penurunan dari sebelumnya, saya ingin mengatakan sekaligus mengingatkan, bahwa hasil hari ini merupakan tantangan untuk tampil lebih baik di hari esok, sekaligus menjadi bahan evaluasi masing-masing Angkatan dalam pembinaan petembak selama ini.

“Yang pasti, apapun hasil dari lomba tahun ini, harus kita apresiasi dan jadikan potret dari tiap-tiap kontingen, guna mengambil langkah dalam pembinaan prestasi secara profesional, searah dengan kemajuan Sport Management yang berkembang, baik terkait dengan rekrutmen Atlet maupun sistem dan metoda latihan. Selenggarakan event-event menembak di masing-masing Angkatan, sebagai evaluasi hasil pembinaan dan latihan Satuan, menuju event menembak tingkat Panglima TNI. Hal ini perlu menjadi program pada masing-masing Angkatan sebagai bagian penyiapan keikutsertaan TNI pada Kejuaraan Dunia Menembak CISM Wold Military Shooting Championship 2016, Asia-Asia Pasific Military Shooting Championship, Event Menembak ASAM dan mempertahankan prestasi Juara Umum Lomba Tembak Bisam tahun 2018 di Brunai Darussalam,” kata Panglima.

Diakhir amanatnya, Kasum TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Panitia Penyelenggara serta semua pihak, secara khusus kepada Dankormar dalam hal ini Danpasmar-1, atas dukungan hingga terlaksananya Lomba Menembak Piala Panglima TNI tahun 2016 dengan tertib, aman dan lancar.

Hasil perolehan medali dan trophy perorangan maupun Tim pada Lomba Tembak Piala Panglima TNI tahun 2016 ini adalah, untuk Kontingen Mabes TNI meraih 2 medali emas dan 5 medali perunggu, Kontingen TNI AD meraih 30 emas, 18 medali perak dan 11 medali perunggu, Kontingen TNI AL meraih 11 medali emas, 25 medali perak dan 8 medali perunggu serta kontingen TNI AU meraih 1 medali perak dan 18 medali perunggu. Dari hasil lomba tersebut, Kontingen TNI AD sebagai Juara Umum.

Sementara itu, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) sebagai Ketua Pelaksana kejuaraan Lomba Tembak Panglima TNI 2016 ini menyampaikan pada kejuaraan ini diikuti 200 personel berasal dari 5 kontingen terdiri dari kontingen Mabes TNI 40 personel, TNI AD 40 personel, TNI AL 40 personel dan TNI AU 40 personel, serta kontingen Perwira Tinggi (Pati) TNI 40 personel, yang dimulai dari tanggal 19 s.d 27 September 2016 selama 9 hari. Adapun materi lomba yang dipertandingkan adalah Senapan Match-1 s.d. 8, Pistol (Putra-Putri) masing-masing 2 Match, SO/GPMG 2 Match dan Pistol Eksekutif untuk Perwira Tinggi (Pati) TNI (Slow Fire dan Rapid Fire) serta plat baja.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
31o
Kurs