Jumat, 19 April 2024

Manchester City Juara Piala Liga Usai Menang Adu Penalti

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Manchester City menjuarai Piala Liga Inggris usai menang adu penalti 3-1 dalam babak final yang digelar di Stadion Wembley, London, Minggu (28/2/2016).Foto: jakartakita.com

Manchester City menjuarai Piala Liga Inggris usai menang adu penalti 3-1 dalam babak final yang digelar di Stadion Wembley, London, Minggu (28/2/2016).

Seperti dilansir Antara, City berhasil keluar sebagai juara berkat gol-gol penalti dari Jesus Navas, Sergio Aguero dan Yaya Toure. Sementara di kubu Liverpool, hanya Emre Can yang berhasil menyarangkan bola dari titik 12 pas.

Statistik ESPN mencatat, Liverpool lebih unggul penguasaan bola hingga 61 persen dan membukukan empat kali tendangan tepat sasaran, sementara City melakukannya tujuh kali sepanjang laga.

Manchester City memecah kebuntuan pada menit ke-49 melalui gol Fernandinho. Menerima umpan dari Aguero di dalam kotak penalti, Fernandinho kemudian melesakkan tendangan dari sudut sempit yang tak bisa dihentikan penjaga gawang.

Liverpool menyamakan kedudukan lewat gol Philipe Coutinho pada menit ke-83. Berawal dari bola mutahan yang membentur tiang gawang, Coutinho berhasil memaksimalkannya menjadi gol dari dalam kotak penalti dan tak kuasa dihadang kiper.

Hingga 90 menit pertandingan, berakhir imbang 1-1 yang membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu selama 30 menit.

Di babak pertama perpanjangan waktu, City mendapatkan peluang emas mencetak gol saat Aguero berhasil merangsek masuk ke kotak penalti Liverpool dan melepaskan tendangan keras, namun bola berhasil ditepis penjaga gawang.

Liverpool nyaris memenangkan laga saat Divock Origi menanduk umpan silang Milner di dalam kotak penalti, sayangnya kiper masih sigap mengamankan gawangnya.

Namun, hingga babak perpanjangan waktu berakhir, tak ada gol kemenangan yang tercipta dan pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Liverpool mendapatkan kesempatan pertama mengambil penalti yang berhasil dieksekusi Emre Can. Namun City gagal membalasnya lewat Fernandinho.

Gol pertama Emre Can menjadi satu-satunya gol penalti Liverpool yang berhasil. Penendang selanjutnya yaitu Lucas Leiva, Philippe Coutinho dan Adam Lallana gagal menyarangkan bola.

Sementara di kubu City, tiga penendang berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna yaitu Jesus Navas, Sergio Aguero dan Yaya Toure. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs