Jumat, 19 April 2024

Perusahaan China Akuisisi 70 Persen Saham Inter Milan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Perusahaan waralaba elektronik China Suning Commerce Group Co Ltd membeli hampir 70 persen klub sepak bola Italia Inter Milan pada harga 270 juta euro yang merupakan perusahaan terbesar yang diambilalih sebuah perusahaan China.

Seperti dilansir Antara, Suning yang sebagian dimiliki perusahaan e-commerce Alibaba, memastikan kesepakatan itu Senin dalam jumpa pers bersama di Nanjing dengan para eksekutif Inter Milan, termasuk pemilik mayoritas saham dan presiden Inter Erick Thohir.

Suning yang akrab di telinga china sudah menguasai klub domestik Jiangsu Suning yang saat ini menempati posisi tiga dalam Liga Super China, namun ini adalah pembelian besar pertamanya di luar negeri.

Inter yang merupakan juara Eropa ketiga kalinya pada 2010 namun menghadapi musim yang buruk pada 2015/2016, menempati urutan empat Liga Italia dan gagal masuk Liga Champions.

“Akuisisi Inter Milan adalah bagian dari strategi Suning dalam pembangunan industri olah raga,” kata Zhang Jindong, ketua Suning Holdings Group yang berencana menerbitkan saham baru Inter dan membeli saham yang sekarang ada.

Menurut Reuters, Suning akan menguasai 68,55 persen saham Inter.

Inter menyatakan Thohir akan tetap menjadi presiden dan pemegang saham minoritas tunggal Inter. Bekas presiden Inter Massimo Moratti akan menjual seluruh sahamnya yang berada di bawah 30 persen.

Suning menyatakan Thohir akan mengurangi sahamnya sampai sekitar 30 persen.

Michael Bolingbroke Kepala Eksekutif Inter Milan berkata kepada Reuters bahwa Suning juga akan menguasai bagian besar utang Inter yang pada akhir Juni 2015 sudah mencapai 300 juta euro. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs